Ciptakan Sanitasi Sehat, Stop BAB Sembarangan

0
211

Sumateranews.co.id, BATURAJA– Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Kabupaten OKU tahun ini dirayakan secara meriah oleh Pemda OKU yang dipusatkan di halaman kantor Dinkes OKU pada Rabu pagi (22/11). Perayaan HKN pada tahun ini mengusung tema ‘ Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan (SMS) atau Stop Mising Sembarangan (SMS)’.

Ratusan tamu undangan mulai dari Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM, unsur Muspida hingga   mahasiswa dan pelajar sekolah kesehatan hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara tersebut selain diisi deklarasi serta penanda tangan komitmen bersama beberapa desa dari lima kecamatan untuk tidak BAB sembarangan, pelepasan puluhan balon berwarna-warni oleh Istri Bupati OKU Ny Hj Badiar Dewi Kuryana didampingi ibu-ibu anggota Tim Penggerak PKK, juga pembagian penghargaan kepada beberapa orang dan instansi di Kabupaten OKU yang berprestasi dalam bidang kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinkes OKU Suharmasto SKM M Epid menghimbau kepada seluruh masyarakat OKU untuk menjaga kebersihan lingkungannya, terutama tidak BAB sembarangan.

“Diharapkan setelah deklarasi dan penandatangan komitmen bersama SBS dan SMS di Kabupaten OKU khususnya desa-desa di kecamatan Peninjauan, Pengandonan, Sosoh Buay Rayap, Lubuk Raja dan Lubuk Batang di HKN ke-53 akan tercipta sanitasi yang sehat dan terhindar dari BAB sembarangan yang dapat mengganggu kesehatan lingkungan serta menimbulkan berbagai penyakit, ditambah lagi dengan adanya GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Mudah-mudahan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, ” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon, foto bersama dan pemberian tanda penghargaan dan hadiah bagi beberapa orang dan instansi di Kabupaten OKU yang berprestasi.

Laporan             : Duan

Editor/Posting : Imam Ghazali