Cetak Rekor MURI Dunia, Alumni SMPN 15 Buat Pempek Lenggang Raksasa

0
365
Pempek Lenggang Raksasa Buatan SMPN15 Palembang Cetak Rekor MURI Dunia. Foto:Dok.SMP15 Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Kita warga Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kota Palembang patut berbangga hati, karena putra daerah Alumni SMP Negeri 15 Palembang mampu menorehkan prestasi salah satunya sukses dalam memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Dunia. Dengan mencetak sejarah baru yakni membuat pempek lenggang terpanjang di dunia. dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tebal 15,5 cm.

Ketua Umum Alumni SMP Negeri 15 Palembang, Muhammad Hartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara reuni akbar yang puncaknya pada Selasa (19/06) besok. Dengan adanya pemecahan rekor ini, pihaknya ingin mengenalkan budaya Palembang lebih luas lagi.
“Alumni perlu memberi kontribusi, dengan membuat promosi kuliner kota Palembang. Makanya kita pecahlan rekor MURI yang belum pernah dibuat, yaitu pempek lenggang terbesar,” kata Hartawan di lapangan SMPN 15 Palembang, Senin (18/06).
Menurutnya, pempek lenggang merupakan makanan khas Palembang, dimana banyak orang yang belum mengetahuinya selain pempek lenjer dan pempek kapal selam.
“Memang kebanyak orang mengenal palembang dengan pempek kapal selam dan pempek lenjer. Justru pempek ini telornya di luar dan ada ciri khas aromanya daun pisang. Oleh karena itu kita ingin kontribusi dan mempopulerkan budaya Palembang,”tukasnya.


Senada dengan itu, Ketua Panitia Pemecahan Rekor MURI Pempek Lenggang, drg Devi Ike Wijaya menuturkan, pembuatan pempek lenggang memakan waktu lima jam. Proses pembuatan ini melibatkan 36 orang yang dilakukan secara gotong royong.
“Pempek lenggang dipanggang mulai pukul 06.00 hingga 11.15 WIB siang. Dan hasilnya sangat memuaskan,” tuturnya.
Pempek lenggang ini dimasak dalam tiga lapisan dan dalam setiap lapisan ini memerlukan waktu hingga 1 jam lebih.
selain itu, bahan yang dihabiskan yakni sebanyak 1.200 kg telur, 170 kg ikan gabus, 170 kg tepung gandum, 15 bungkus garam, 14 kg gula pasir, 100 karung arang dan 15 kg daun pisang.
“Kami tidak menyangka kalau hasil kerja keras kita akan membuahkan hasil, tidak percuma teman-teman yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, alhamdullilah semua terbayarkan, dan hikmah dari acara ini kita dapat menjalin kekompakkan dan teman-teman tetap solid, makanya kita berhasil memecahkan rekor Muri Dunia,”tandasnya.


Dalam acara yang sama, Andre Purwandono perwakilan dari MURI, menyatakan, rekor MURI sebagai lembaga pencatatan rekor Indonesia. Yang mana hari ini diciptakan SMP Negeri 15 Palembang, yang belum pernah dibuat oleh siapa pun.
“Pempek lenggang tersebut akan kita kenalkan diseluruh dunia bahwa pempek lenggang punyanya Palembang,”ungkapnya.
Masih menurut dia, pempek lenggang terbesar yang dibuat oleh alumni SMP Negeri 15 Palembang tercatat sebagai rekor MURI Dunia. “Kategori ini merupakan superlatif. Kenapa kita sebut rekor MURI Dunia, agar budaya yang telah kita ciptakan tidak dicuri oleh negara lain,”pungkasnya.

 

Laporan : SU
Editor     : Syarif