Pendidikan

Cetak Guru Profesional, UPGRI Gelar Kuliah Umum

Sumateranews.co.id, PALEMBANG ─ Dalam rangka mencetak seorang guru yang profesional program studi pendidikan guru sekolah dasar mengadakan kuliah umum  dengan tema “Tantangan Guru di Era Globalisi” dimana peserta kuliah umum ini di hadiri oleh 250 mahasiswa, 27 tamu undangan dan 18 dosen PGSD.

Kuliah umum dilaksanakan di Aula Usman Madjid lantai 5 Gedung Perpustakaan UPGRI Palembang. Dengan narasumber Bapak Dr H Bukman Lian MM MSi, selaku Rektor Universitas PGRI Palembang dan  Fifin Yuhelmi SPd, merupakan guru berprestasi tingkat kota Palembang serta guru berprestasi ke-2 tingkat provinsi Sumatra Selatan. Senin (29/10/18).

Kegiatan ini bertujuan agar para calon guru siap menghadapi tantangan guru di era globalisasi, dengan perkuliahan umum ini para mahasiswa PGSD harus siap menjadi guru yang profesional  dan inovatif guru mencetak generasi bangsa yang berakhlak mulia dan mempunyai pengetahuan yang tinggi. Bapak Dr. H. Bukman Lian MM MSi, selaku Rektor UPGRI dan salah satu narasumber diperkuliahan umum ini memaparkan bahwasanya guru itu adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang mana seorang guru tidak hanya mengajar melainkan juga harus bisa mendidik akhlak peserta didik dan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkarakter.

Foto: FKIP UPGRI Palembang

Rektor juga memberi motivasi kepada calon guru bahwasanya Indonesia tidak mempunyai mutu yang rendah dalam pendidikan. Beliau juga memaparkan bahwa di era digital sekarang ini para calon guru harus lebih dekat dengan tekhnologi dan memilah milih penggunaan teknologi untuk peserta didiknya nanti. Salah satu pelaksanaan di era digital ini kampus biru ini sudah menyediakan fasilitas pustaka online dimana para calon guru bisa lebih mendekatkan diri dengan perkembangan digital.

Senada dengan hal ini Fifin Yuhelmi SPd, selaku nara sumber kedua menjelaskan bahwasanya menjadi guru itu harus aktif, kreatif, dan menyenangkan. Seorang guru tidak boleh berhenti menggali ilmunya karena sesuai dengan tuntutan zaman setiap tahunnya maka kita juga harus melakukan pembaruan – pembaruan dalam media pembelajaran.  Dia memaparkan bahwasanya guru memberi siswa pelajaran yang konkrit dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari- harinya terlepas dari ini nilai-nilai karakter juga harus menjadi peran penting untuk diperhatikan guna menciptakan insan yang berakhlak mulia dan berpengetahuan tinggi.

Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah MPd, mengungkapkan bahwa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berusaha dan selalu berinovasi dalam menyiapkan tenaga pengajar yang profesional sesuai dengan bidang studinya. “FKIP selalu berusaha dan berinovasi dalam menyiapkan tenaga pendidik yang professional sesuai bidang studinya. Selain itu, untuk menjawab tantangan guru di era globalisasi FKIP menyiapkan tenaga pendidik yang dibekali keterampilan (soft skill) yang unggul sehingga saat terjun ke tengah masyarakat, mereka mampu bersaing”, tuturnya.

Jika para calon guru sudah mempunyai ke profesionalan yang bagus dan berkarakter serta bisa besaing dalam pemanfaatan kemajuan teknologi maka Indonesia siap bersaing dan bisa melahirkan guru yang bisa mengatasi semua tantangan di era revolusi industri 4.0 ini. Bukan guru yang tergantikan dengan teknologi tapi guru yang bersinergi dengan teknologi.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button