Kabar TNINusantaraSecond Headline

Cegah Longsor, Forkopimda Malang Raya Dan Pasuruan Tanam Vetiver

Sumateranews.co.id, KOTA MALANG, – Hampir seluruh daerah di Jawa Timur, kali ini mulai gencar menanam rumput vetiver di setiap titik lokasi yang dinilai rentan akan bencana banjir dan tanah longsor.

Setelah sebelumnya di wilayah Korem 082/CPYJ, kali ini, penanaman rumput itu mulai diberlakukan di wilayah Korem 083/Baladhika Jaya, tepatnya dipusatkan di daerah Gunung Banyak, Kota Batu, Jawa Timur. Rabu, 19 Februari 2020.

Bahkan, penanaman itupun, dipimpin langsung oleh Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin dengan diikuti oleh beberapa Forkopimda di wilayah Malang Raya dan Kabupaten Pasuruan, hingga beberapa elemen masyarakat setempat.

“Rumput vetiver, mampu mencegah erosi dan sedimentasi. Rumput yang kita tanam ini, fungsinya untuk melindungi lahan-lahan kritis,” ujar Perwira Menengah TNI-AD kelahiran Kota Palembang itu.

Danrem menilai, selain mampu mampu mencegah erosi dan sedimentasi, vetiver juga memiliki beberapa manfaat lain, termasuk keberadaan akar yang sangat kuat pada rumput tersebut sehingga mampu mencengkram di kedalaman tanah.

“Rumput ini sangat sempurna untuk dijadikan sarana mencegah terjadinya longsor,” ungkapnya.

Sumber : Kapenrem 083/Baladhika Jaya, Mayor Inf Prasetya, H. K

Editor   : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button