AcehSecond Headline

Cegah Corona, Warga Teupin Kupula Jeunieb Keliling Gampong Baca Doa Tolak Bala

Sumateranews.co.id, BIREUEN – Cegah Virus Covid-19 yang sedang mewabah, ratusan warga Gampong Teupin Kupula Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen keliling gampong bawa obor (suwa) serta membaca doa tolak (18/3/20) malam.

Didampingi Imum dan Keuchik Gampong, warga berjalan kaki dengan membawa obor mengelilingi seputaran jalan kawasan gampong setempat. Disetiap persimpangan jalan warga berhenti dan mengumandang Azan

“Kegiatan bersama ini merupakan hal yang dilakukan oleh orang tua kita dahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah agar terhindar dari segala penyakit, maka kegiatan seperti perlu kita galakkan kembali, apalagi sekarang sedang merebaknya virus corona maka kita sangat butuh pada pertolongan Allah,” ujar Tgk Bahri Ismail, SSos salah satu pemuda gampong setempat yang juga dewan guru Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Pimpinan Ayah Sop.

Tgk Bahri menjelaskan, tidak perlu khawatir terhadap virus corona karena corona juga mahkluk Allah. Kita sebagai orang beriman tentu sering diajarkan ada virus lain yang lebih bahaya dari corona ini yaitu ketika kita tidak lagi takut dengan dosa dan tidak malu dengan maksiat pada Allah SWT.

“Dalam rangka menghadapi corona ini, disamping kita berihktiar untuk menjaga diri dari musibah ini kita dituntut bertawakal kepada Allah karena semuanya akan selesai di saat kita mau berlindung dan mengharap pertolongan Allah,” jelas Tgk Bahri.

Tgk. Asmawar Nurdin, Keuchik Gampong Teupin Kupula mengatakan, Kegiatan ini dimulai dengan shalat magrib berjamaah, baca Yasin Fadhilat hingga shalat Insya berjamaah kemudian warga Gampong Teupin Kupula Jeunieb melanjutkan dengan keliling gampong serta membaca Wakulja dengen serentak yang merupakan salah satu doa tolak bala.

“InsyaAllah kegiatan ini akan berlangsung hingga 3 malam,” tambahnya.

Merupakan adat dan kepercayaan dari dulu orang Aceh, saat datangnya musibah yang mewabah, aqmaka setiap gampong di Aceh setelah Magrib membaca Yasin dan selepas salat Insya mengelilingi gampong dengan membawa obor serta membaca doa tolak bala. Hal ini juga dilakukan sekarang oleh Gampong Teupin Kupula.

Laporan : Ikram
Editor : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button