Catat Ini 7 Sasaran Operasi Zebra Musi 2022 di Sumsel, No. 1 dan 4 yang Paling Banyak Ditemukan!

PALEMBANG – Operasi Zebra tahun 2022 mulai dilaksanakan Polri secara serentak di seluruh Indonesia hari ini, 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022 mendatang dengan sandi “Operasi Zebra Musi 2022”.

Pada Operasi Zebra Musi 2022 kali ini selain mengedepankan giat edukatif, persuasif serta humanis juga didukung Gakkum secara elektronik/teguran.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH melalui Karo Ops Polda Sumsel, Kombes Pol Drs Kamaruddin M.Si, saat memimpin apel Operasi Zebra Musi 2022 di Ditlantas Polda Sumsel, Senin (3/10/2022) dengan tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Kamsel, Tibcar Lantas Yang Presisi”.

Dalam sambutan Kapolda Sumsel yang dibacakan oleh Karo OPS ini mengatakan, bahwa masih tingginya pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di wilayah Sumsel saat ini, sehingga Ditlantas Polda Sumsel dan jajaran menentukan sasaran Operasi Zebra yang meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, pada saat maupun pasca Operasi Zebra Musi 2022.

Berikut 7 Sasaran Penegakan hukum (Gakkum) baik secara elektronik/teguran pada Operasi Zebra Musi 2022 dengan prioritas yaitu :

1. Pengemudi atau pengendara ranmor yang mengunakan ponsel saat berkendara.

2. Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur.

3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari 1 orang.

4. Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt.

5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

6. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus.

7. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Dengan dilaksanakan Operasi Zebra Musi 2022 ini, disampaikan Kombes Pol Drs Kamaruddin kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas akan meningkat serta turunnya angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Selanjutnya, Karo Ops Polda Sumsel ini juga menyampaikan penekanan dari Kapolda Sumsel di antaranya ;

1. Laksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab,dasari dengan niat beribadah dalam setiap kegiatan.

2. Ke depankan sikap senyum sapa salam dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas baik yang bersifat teguran maupun penilangan.

3. Jaga keselamatan, tingkatan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan perbuatan-perbuatan negatif kepada Polri.

Hadir dalam Apel Operasi Zebra Musi 2022 perwakilan PJU Polda Sumsel, Danpomdam II Sriwijaya (diwakili), Kadishub Prov Sumsel (diwakili), Kasat Pol PP (diwakili) dan Kacab PT Jasa Raharja Sumsel. (King)

Editor: Donni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *