Camat Baturaja Barat Lantik Dua Penjabat Kepala Desa

0
783

Sumateranews.co.id, BATURAJA – Pelantikan Penjabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Desa Karang Agung dan Sukamaju Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) digelar pada Rabu (14/06) di kantor Camat Baturaja Barat.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU Achmad Firdaus didampingi salah seorang Kabidnya Husni Thamrin, Hadir pula dari pihak Aparat TNI dan Polri, Kapten Johani serta unsur pejabat desa lainnya.

Camat Baturaja Barat Heryamin SAg selaku pejabat yang diberikan kewenangan melantik mengucapkan terima kasih kepada pejabat desa yang lama dalam hal ini mantan Kades Sukamaju Ericson dan mantan Kades Karang Agung Atiril yang selama ini telah ikut membangun desa masing-masing dengan banyaknya kemajuan infrastruktur yang ada saat ini. Heryamin juga mengucapkan selamat kepada Penjabat Desa yang baru, yakni Pj Kades Karang Agung Mesran dan Pj Kades Sukamaju Soraya dan berharap agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan fungsi dan tugasnya selaku Kepala Desa.

Dalam kesempatan tersebut, Kadin PMD OKU Achmad Firdaus mengatakan, Penunjukan Pejabat Kepala Desa adalah mutlak kewenangan dari Bupati OKU, Camat yang berhubungan langsung dengan masyarakat desa dan tahu persis bagaimana karakter masyarakat yang dipimpinnya maka Pejabat Kepala Desa itu memang harus dari Pegawai Negeri Sipil. ”Ya jadi memang harus Pegawai Negeri kalau tidak maka kurang ada rasa tanggung-jawab yang dimiliki oleh dia (Pejabat Kades, red), kalau masyarakat biasa susah kita mengambil tindakan kalau dia melakukan pelanggaran,” ujar Kadin.

Mengenai tugas Pj Kepala Desa, kata Firdaus sama seperti tugas Kades definitive, dengan kata lain walaupun sifatnya hanya menggantikan dan mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa yang telah berakhir namun implementasi tugas dan tanggung-jawan Pj Kades tetap sama seperti Kades pada umumnya. ”Terkait pelantikan ini tugas pejabat desa sama dengan tugas kades definitive sampai dengan waktu pemilihan kades nanti,” ungkapnya

Firdaus menyinggung tentang serapan dana desa yang telah dicairkan kepada setiap desa agar segera direalisasikan sesuai peruntukkannya. Dimana pihaknya telah memberikan waktu hingga akhir bulan depan. ”Untuk dana desa kita perlu waktu satu setengah bulan lagi untuk dana desa, akhir bulan Juli harus sudah ada pertanggungjawabannya. Kalau tidak pencairan dana yang kedua akan terhambat karena dananya tidak bisa dicairkan sebelum SPJ nya selesai. Syarat pencairan dana desa sudah jelas, harus selesai SPJ nya karena jika terlambat implikasinya jelas untuk yang ke dua juga terhambat,” bebernya.

Terpisah, Pj Kades Karang Agung Mesran mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT berkat rahmat-Nya dirinya sekarang bisa dilantik dan mengemban amanah sebagai Pj Kades Karang Agung. “Ini merupakan amanah dari Allah SWT, kepercayaan dari masyarakat. Mudah-mudahan ke depan saya bisa menjalankan amanan ini dengan penuh tanggung-jawab,” tandasnya.

Laporan    : Duan Sipni

Editor      : Imam Ghazali