AcehEkonomiNusantaraSecond HeadlineWisata Kuliner

Bupati Resmikan Destinasi Ekowisata Hutan Mangrove, Kades GTS: Semoga  Bisa Nambah PAD Desa

ACEH SINGKIL Selain Kota Langsa memanfaatkan hutan mangrove untuk dijadikan destinasi wisata untuk menambah Pendapatan Asli Daerah maupun PAD desa setempat, Aceh Singkil juga tidak mau kalah untuk manfaatkan keberadaan hutan mangrove yang dijadikan destinasi wisata baru, melalui tangan para pemuda Gosong Telaga Selatan menyulap hutan mangrove menjadi wisata baru.

Bupati Aceh Singkil menghadiri sekaligus meresmikan Ekowisata Hutan Mangrove milik BUMDes Gosong Telaga Selatan Kecamatan Singkil Utara. Pembangunan Ekowisata Hutan Mangrove ini sumber dananya dari Kementerian Desa Republik Indonesia yang dikelola oleh BUMK Desa Gosong Telaga Selatan.

Selain Bupati turut hadir dalam acara peresmian ekowisata hutan mangrove Kadis DPMK Azwir, Kadis Parpora Edi Hartono, Kepala Inspektorat M Hilal, unsur Muspika Kecamatan Singkil Utara serta para tokoh masyarakat.

“Pembangunan Inspratrukur Ekowisata Hutan Mangrove ini dibangun sejak 2019 dan Alhamdulillah pada akhir tahun ini sudah selesai dan diresmikan langsung oleh Bapak Bupati,” ucap Tahrim Kepala Desa (Kades) Gosong Telaga Selatan (GTS), Minggu (10/01/2021).

Awal mula dibukanya hutan mangrove ini karena gagasan pada pemuda setempat sehingga pemerintah pusat melalui Kemendes serta pihak-pihak terkait tertarik untuk menjadikan hutan mangrove ini dijadikan destinasi ekowisata baru.

Dengan dibukanya ekowisata hutan mangrove ini sudah memberikan lapangan pekerjaan bagi puluhan pemuda pemudi di desa ini.  Ekowisata hutan mangrove ini dikelola oleh BUMK Bina Cita Kreasi.

“Kita harapkan kedepan ekowisata hutan mangrove ini akan terus berkembang, dan ramai dikunjungi para pelancong baik dalam maupun luar daerah,” tutur Tahrim.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil mengatakan sebelumnya Gosong Telaga Selatan hanya menyuguhkan destinasi wisata Pantai Cemara Indah dan kini terus berkembang dengan dibukanya ekowisata hutan mangrove.

“Ini sangat luar biasa, Destinasi wisata di Aceh Singkil khususnya di Kecamatan Singkil Utara sudah bertambah, ini tentu sangat mengembirakan, selain memberikan nuansa baru juga dapat meningkatkan perekonomian warga,” kata Dulmusrid kepada awak media di acara tersebut.

Tambahnya, bantuan ini jangan sempat disia-siakan manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya, regulasinya terus diatur, tentu bila hal itu diterapkan saya yakin akan viral dan meningkatkan PAD Desa.

“Selain itu jagalah kebersihan dan keamanannya, sehingga para pelancong merasa nyaman saat berkunjung,” ujarnya.

Laporan : Ramail III Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button