Bupati PALI Tutup Lomba Menulis Essai

0
256

Sumateranews.co.id, PALI – Ir. H. Heri Amalindo MM, Bupati PALI, Sumatera Selatan (Sumsel) menutup grand final lomba menulis essai II tingkat SMA/SMK dan mahasiswa se-Kabupaten PALI yang digelar di Hotel Nurthania Pendopo Talang Ubi, Minggu (1/7). Dalam kesempatan itu Heri Amalindo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan puncak lomba menulis essai yang sebelumnya telah melalui beberapa rangkaian sebagai langkah pembangunan karakter dan literasi generasi yang ada di Bumi Serepat Serasan.

“Literasi pembangunan pendidikan adalah salah satu penunjang kemajuan suatu daerah, dengan demikian adanya lomba menulis esai ini akan menciptakan karakter generasi penerus yang cerdas dan kreatif. Dengan lomba menulis esai makan akan menimbulkan niat untuk membaca, barulah mereka dapat menulis,” jelas Bupati, seraya menutup kegiatan tersebut dan membagikan hadiah pada para pemenang.

Sementara itu, Irwansyah selaku Ketua Pelaksana Kegiatan mengatakan bahwa lomba tersebut dalam rangka hari jadi ke-5 tahun Kabupaten PALI dengan mengusung tiga tema. ‘’Yakni sudut pandangku terhadap perilaku masyarakat Kabupaten PALI, konsep pembangunan lingkungan untuk kabupaten PALI cemerlang serta kabupaten PALI cemerlang dan kearifan lokal tak hilang,’’ ujarnya.
Menurutnya dimana awal dibuka perlombaan, berjumlah 91 peserta dari tingkat SLTA, sementara dari mahasiswa ada 14 peserta.

“Saat ini sudah didapatkan 25 peserta yang telah lolos proses perlombaan, terdiri dari 10 finalis dari mahasiswa dan 15 finalis dari tingkat SLTA,” ungkap Irwansyah.

Sedangkan untuk hadiah utama masih sama dengan lomba menulis essai pertama, yakni berkeliling ke Eropa. Selain itu dia juga menjelaskan bahwa lomba menulis tahap kedua tersebut telah dilaksanakan sejak April 2018 hingga Juni 2018, dengan tahapan menyeleksi sebanyak 10 tulisan essai terbaik tingkat mahasiswa dan 15 tulisan terbaik di tingkat pelajar.

Adapun pemenang lomba menulis essai II juara 1. Rian Sanjaya, SMKN Sumsel, 2. Meisin Neli Elinda, SMAN 1 Talang Ubi, 3. Felig, SMAN 1 Talang Ubi. Sementara untuk juara harapan 1. Rinda Anggra, SMAN 1 Tanah Abang, 2. Nurul Rahmadina, SMA YKPP, 3. Anisa Fitri, SMK Sumsel.
Sedangkan untuk tingkat mahasiswa. Juara 1. Ariska, Poltek Sriwijaya Palembang, 2. Wahyu Dwi, UPI Bandung, 3. Meli Asmadeti, Unsri Palembang. Untuk harapan 1. Pildi, Unsri Palembang, 2. Ica Sintia, Unsri Palembang, 3. Arian Sanjaya, Unsri Palembang.

Laporan : Anelka
Editor/Posting : Imam Ghazali