Bupati PALI Sampaikan Raperda APBD

0
118

Sumateranews.co.id, PALI- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI menggelar rapat paripurna dalam rangka pembahasan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten PALI tahun 2016. Rapat paripurna berlangsung, Jumat (21/7).

Hadir pimpinan dan anggota DPRD, Bupati dan Wakil Bupati PALI, Unsur Muspida, Para Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan Pimpinan Organisasi Masyarakat dan Politik serta elemen masyarakat lainnya.

Dalam pidato Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo MM menyampaikan bahwa Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD sudah merupakan kewajiban konstitusional yang harus terpenuhi oleh seorang kepala daerah sesuai amanat Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 yang telah diperbarui dengan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011.

Bupati menjelaskan bahwa materi raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang disampaikan dan disajikan kepada DPRD adalah dalam bentuk Laporan Keuangan Daerah berbasis AKrual komponen utama yaitu; Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan, berdasarkan hasil audit dari BPK RI atas LKPD Pemerintah Kabupaten PALI.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pengelola keuangan daerah atas kerja kerasnya sehingga Kabupaten PALI berhasil meraih opini atau penilaian Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

“Saya berharap, prestasi menggembirakan ini dapat dijaga, dipertahankan bahkan lebih dipertahankan lagi ke depan sehingga peruntukkannya mampu menjawab kebutuhan pembangunan daerah dan masyarakat demi terwujudnya Kabupaten PALI cemerlang,” tegas Bupati.

Diakhir Rapat Paripurna, Drs. H.Soemarjono selaku pimpinan rapat menskore dan dilanjutkan di paripurna selanjutnya yang direncanakan pekan mendatang.

“Rapat kita skore dan dilanjutkan pada pekan mendatang,” tutup Soemarjono.

Laporan : Rica Mariska
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article