AdvertorialHeadlinePALI

Bupati PALI Minta Agar Dana Desa Harus Berikan Manfaat Bagi Masyarakat Desa

Sumateranews.co.id, PALI- Terkait Dana Desa yang dikucurkan melalui Program Kementriaan Desa (Kemendes) ke setiap desa, Bupati Kabupaten PALI menginstruksikan Dana Desa harus memberikan manfaat bagi masyarakat desa.  Tak hanya di bidang pembangunan, namun juga pemberdayaan masyarakat desa. Hal itu ditegaskan Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo MM, saat membuka kegiatan sosialisasi dalam mempercepat penyaluran Dana Desa, Selasa (20/3/2018).

Karena menurut orang nomor satu di Kabupaten PALI ini, hal tersebut sesuai dengan instruksi presiden yang tertuang dalam aturan penggunaan Dana Desa.

“Kades harus rangkul sebanyak-banyaknya warga, dalam menggunakan Dana Desa. Selain turut andil dalam peruntukan Dana Desa juga wadah penyampaian aspirasi pengusulan pembangunan di desa,’’ cetus Bupati Bumi Serepat Serasan ini.

Pemberdayaan itu, tambah Bupati, bisa dalam bentuk menggunakan tenaga lokal dalam desa, untuk menggarap pembangunan fisik DD, atau sebagai suplayer barang dan jasanya.

“Kades harus memprioritaskan warganya dahulu. Jika tak ada,  baru ambil dari luar (desa),” tambahnya.

Pada kesempatan itu, di hadapan 65 Kades definitif se-Kabupaten PALI, mantan Kepala Dinas PUBM Sumsel itu, juga mengimbau agar pengelolaan DD sesuai aturan atau regulasi.

“Kades tak perlu khawatir, karena sudah ada MoU dengan aparat penegak hukum. Jalankan saja sesuai aturan dan juknisnya, agar tidak ada permasalahan,” tegasnya lagi.

Ia juga berjanji akan melakukan evaluasi, berdasarkan pengamatan dari tim yang dibentuk pemerintah. Terutama terhadap penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Tahun ini, kita mulai menerapkan alokasi 10% dari total Dana Bagi hasil (DBH) APBD PALI 2018, untuk ADD. Desa yang berprestasi pasti akan mendapat lebih besar. Jadi berlombalah untuk semakin baik,” tandas Bupati. (Adv/Humas PALI)  

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button