OKISecond HeadlineSumsel

Bupati OKI Tegaskan Camat dan Kades Tanggap Karhutlah

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H. Iskandar SE, melayangkan surat edaran kepada seluruh Camat dan Kepala Desa (Kades) yang berada di wilayah Bumi Bende Seguguk.

Surat edaran dengan nomor : 712/I/2019, tentang pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan di Kabupaten OKI, berisikan 5 poin penting untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan oleh Camat dan Kades dengan penuh tanggung jawab.

Adapun perintah Bupati kepada para pemimpin wilayah dan desa antara lain, tidak diperkenankan meninggalkan tempat, atau tetap berada di wilayah kerjanya masing-masing selama musim panas atau kemarau tahun ini.

Mereka diminta melakukan patroli secara rutin serta berperan aktif memantau hot spot dan hot fire di wilayah kecamatan atau desa yang menjadi tanggung jawabnya dengan tetap berkoordinasi dengan Koramil, Polsek, dan Instansi terkait Iainnya.

Camat dan kades diminta mendukung Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Dalkarhutbunla) dengan mengerahkan masyarakat dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutbunla, selain itu diminta untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila terdapat masyarakat yang dengan sengaja membakar hutan. kebun atau lahan.

Bupati juga tegaskan kepada camat dan kades yang lalai. Mereka akan disanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H. Husin, S.Pd, MM saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (17/09/2019) membenarkan adanya surat edaran tersebut dan surat tersebut dibuat pada hari Kamis 12 September 2019, dengan tujuan dalam rangka pengendalian Kebakaran Hutan, Kebun, dan Lahan tahun 2019.

Sekda juga mengingatkan, warga untuk ringan tangan membantu personil pemadam, dan jika memungkinkan membantu logistik terutama air minum untuk satgas yang berada di lokasi kebakaran.

”Sangat membantu terutama air putih untuk minum, karena mereka bekerja memadamkan api bukan sebentar, bahkan bisa seharian penuh,” ungkapnya.

Laporan     : Aliaman

Posting      : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button