Bupati OI Kecolongan, Masih Ada Pemasungan di Desa Sungai Pinang 3

0
246

Sumateranews.co.id, OGAN ILIR- Bupati Kabupaten Ogan Ilir (OI) Ilyas Panji Alam ternyata kecolongan. Pasalnya masih ditemukan aksi pemasunggan yang dilakukan warganya di Desa Sungai Pinang III Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten OI.

Padahal Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam sudah melaunching perda bebas pasung ditandai dengan pelepasan balon ke udara hingga aksi teatrikal bebas pasung. Ini berlangsung pada peringatan Hari Kesehatan (HKN) ke 53 di Kabupaten Ogan Ilir pada November 2017 yang lalu.

Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas panji Alam saat itu juga mengatakan kepada awak media dengan diterbitkannya perda bebas pasung tersebut, sebagai bukti komitmen pemerintah dalam menyikapi terhadap orang gila dan terus mengupayakan kedepannya nanti kabupaten ini terbebas dari pasung.
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Ilir dr Hj Siska Susanti saat itu menjelaskan di tahun 2018 mendatang selain program Germas, pihaknya juga melaunching bebas pasung 2018. Hingga saat ini data yang masuk di Dinkes OI pada tahun-tahun sebelumnya, data orang gila yang dipasung sebanyak 12 orang. Namun keseluruhannya sudah dilepas dan terus didampingi oleh tenaga kesehatan puskesmas.

Sementara saat dikonfirmasi kepada Camat Sungai Pinang Saryani Aziz kepada Sumateranews.co.id Jumat (9/2/18) mengaku tidak tahu permasalahan tersebut, karena sejauh ini tidak ada laporan dari masyarakat. “Saya akan segera panggil kadesnya dan dalam waktu dekat akan dilaporkan kepada Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, agar segera ditindaklanjuti,” tandas Camat Sungai Pinang.

Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article