Bupati OI Buka Pencanangan Kampung KB

0
203

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Bupati Ogan Ilir  membuka kegiatan Pencanangan Kampung KB di Desa Serikembang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, Selasa (31/10).

“Diadakannya kegiatan pencanangan kampung KB ini, selain memang sudah diagendakan dari DPPKBP3AD OI untuk UPTD Kecamatan Muara Kuang, adalah juga sebuah hasil kerjasama dengan pemerintahan desa ini. Selain itu, dalam kegiatan ini juga kita adakan pelayanan KB gratis. Di antaranya KB Pil, Suntik, Inflan, Iud dan Pengobatan Gratis. Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan ini bisa menjadikan program KB di Kecamatan Pemulutan Selatan bisa maksimal,” tutur Bupati.

Di acara itu, Bupati didampingi istri Hj. Meli Mustika SE MM dan para pejabat lainnya. Pencanangan Kampung KB sendiri membawa karakter melalui 8 fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi, fungsi ekonomi, fungsi lingkungan.

“Pencanangan Kampung KB ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, selain itu Kampung KB juga merupakan salah satu inovasi strategis dalam program kependudukan. Dimana KB dan pembangunan keluarga sejahtera terintegrasi harus dikelola dan diselenggarakan dari oleh, dan untuk masyarakat di tingkat dusun atau desa/kelurahan,” tandas Bupati.

Sementara Hj. Meli Mustika,SE.MM, mengatakan, Keluarga Berencana Dua Anak Cukup Pencanangan KB bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk di desa.

“Program pemerintah ini dicanangkan sejak pemerintahan Presiden Indonesia Soeharto. Pada saat itu Pak Harto mencanangkan Program KB Dua Anak Cukup. Karena dia melihat tingkat pertumbuhan penduduk yang begitu pesat di Indonesia,” jelas Hj. Meli Mustika.

 

Laporan            : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting   : Imam Ghazali