Bupati Musi Rawas Panen Raya Jeruk di Desa Sukakarya

52

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS- Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan Istri dr Hj Noviar Marlina Gunawan bersama Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Hj Zairidah, SH MHum melakukan panen raya jeruk di Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas, Minggu (23/09/2018).

Selain memanen secara simbolis, Bupati beserta rombongan juga meninjau kebun Jeruk yang dimiliki oleh Kelompok Tani Sido Lestari dan 12 Kelompok Tani lainnya yang memiliki luas mencapai 18 hektar didampingi oleh Kepala Desa, Camat, dan Kapolsek STL Ulu Terawas, Kasdim 0406, Pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta Anggota Kelompok Tani.

Pada kesempatan itu, Bupati memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kelompok Tani Sido Lestari yang telah sukses menjadikan Desa Sukaraya ini sebagai sentra komoditi jeruk. Dirinya berharap Kelompok tani bersama Kepala Desa dan Camat serta SKPD terkait dapat bersinergi untuk meningkatkan produksi buah jeruk ini sehingga dapat menyuplai kebutuhan buah jeruk untuk Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau serta daerah sekitarnya.

Untuk itu, Bupati menginstruksikan kepada instansi terkait agar dapat terus membina dan membimbing serta memenuhi kebutuhan petani seperti bibit, pupuk, dan alat pengelolaan tanah serta fasilitas pendukung lainnya.

“Sehingga perkebunan jeruk ini dapat bertambah luas dan produksinya terus meningkat, dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat desa ini dapat terwujud,” tandas Bupati.
Sementara itu, Kepala Desa Sukaraya, Rudi Setia mengucapkan terima kasih atas perhatian yang besar dari Bupati Musi Rawas kepada Desa Sukakarya khususnya kepada kelompok tani jeruk ini. Diharapkan dengan kunjungan dan panen raya oleh Bupati ini ke depan masyarakat Desa Sukaraya ini dapat lebih makmur dan sejahtera.

“Saat ini Desa Sukakarya memiliki kebun jeruk seluas 18 hektar. Dari luasan itu sekitar 16 hektar yang produktif, sementara 2 hektar lainnya saat ini masih berumur 1 sampai 2 tahun. Setiap hektar dapat menghasilkan sekitar 15 ton buah jeruk dengan harga jual Rp 8000/kg,” ujar Kades.

Laporan          : Shandy April
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here