Bupati Lebong Sambangi Rumah Singgah di “Kota Religius”

0
401

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Sabtu (16/09) siang, Bupati Lebong H. Rosjonsyah S.IP., M.Si menyambangi salah satu rumah singgah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Tentunya sedikit aneh, karena Bupati Lebong justru menyambangi rumah singgah “Kasih Permata Bunda” di Kota Religius Kabupaten Rejang Lebong.

Rumah binaan Kasih Permata Bunda ini sudah berdiri sejak 12 tahun lalu, yang dirintis oleh 3 kepala daerah yaitu Bupati Lebong, Bupati Bengkulu Utara, dan Bupati Muratara, yang bertujuan untuk menampung masyarakat tidak mampu, dan anak-anak terlantar. Dan kebetulan lokasi berdirinya rumah singgah ini di Kabupaten Rejang Lebong.

Rosjonsyah mendatangi rumah singgah ini lantaran informasi mengenai rumah singgah di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah yang dijadikan rumah singgah merupakan hibah dari salah satu warga, saat ini mau diambil kembali oleh ahli warisnya.

Berbagai cara telah ditempuh pengurus rumah singgah, mulai proposal bantuan ke Baznas, Dinsos, termasuk mengajukan proposal ke Pemkab Rejang Lebong namun tak kunjung mendapat jawaban dan kejelasan atas nasib mereka. Jangankan bantuan berbentuk materi, bantuan raskin pun tak pula mereka dapatkan, sejak berdirinya rumah singgah yang kini berusia 12 tahun.

Srilam yang merupakan pembina rumah singgah mengungkapkan kesedihannya di hadapan Bupati Lebong. “Sejak 12 tahun rumah singgah ini ada, baru bapak yang mengunjungi kami, Bupati sini (Rejang Lebong) tak pernah ke sini satu kali pun,” ujarnya.

Sri menambahkan bahwa bantuan raskin, maupun bantuan-bantuan sosial lainnya tak sekalipun diterima. ‘’Kami telah putus asa berjuang, telah berkali-kali diusir. Telah berulang-ulang mengajukan proposal bantuan ke pemerintah daerah namun tak membuahkan apa-apa,’’ tegasnya.

Dalam lawatannya pada Sabtu siang, Rosjonsyah turut memberikan uang santunan sebesar Rp 15 juta untuk biaya sewa kontrakan baru, dan pemindahan rumah singgah tersebut ke lokasi lain.

Bupati Lebong berpesan mohon kiranya kepada Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, dapat memperhatikan masyarakat miskin dan kurang mampu, terlebih lagi rumah singgah ini, sekali-sekali di tengok bagaimana kondisi warganya.

“Jika kiranya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tetap tidak respect pada warganya (rumah singgah), biar nantinya kita siapkan lokasi di Lebong, dan kita pindahkan rumah singgahnya ke Lebong, karena kami siap memberikan perhatian penuh pada masyarakat,” tandas Rosjonsyah.

Laporan : Benny Septiadi
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article