Bupati Karo Skala Prioritaskan Jalan Tergenang Air di Suite Pakkar

0
85

Sumateranews.co.id, SUMATERA UTARA- Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi MSi, Kadis PU PR Ir. Paten Purba, Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba, SH MH, Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, Camat Berastagi Mirton Ketaren dan Kepala Desa Raya Amanita Ketaren, meninjau rencana pelebaran jalan di Desa Raya Kecamatan Berastagi, Senin (29/1) pukul 10.00 WIB di Jalan Jamin Ginting tepatnya di Suite Pakkar.

Terkait rencana pelebaran jalan mulai Sumbul sampai dengan Simpang Ujung Aji, hingga saat ini belum ada titik terang tentang pelepasan tanah warga yang terkena dampak pelebaran. Belum lama ini Pemkab Karo telah mengundang semua warga yang terkena tanahnya untuk dibangun jalan, ternyata masih menunggu kesepakatan tanda setuju warga berupa tanda tangan sebagai tanda setuju pembangunan pelebaran jalan dilanjutkan dari Desa Sumbul. Hal ini membuat Bupati Karo ingin mengecek langsung dan mengajak beberapa SKPD terkait, guna melihat kondisi jalan untuk dilakukan pengukuran jalan.

Terkelin Brahmana mengatakan, sengaja memilih lokasi depan Hotel Suite Pakkar, karena selama ini pihak pusat menginformasikan seringnya banjir dan airnya tergenang di lokasi tersebut apabila curah hujan tinggi. ‘’Nah inilah rencana saya, sepanjang Akbid Takasima sampai simpang RS Amanda, akan saya usulkan untuk skala prioritas ke pemerintah pusat. Dalam arti kata, tujuannya agar pembangunan jalan apabila dimulai, diharapkan sesuai permohanan kita akan dikerjakan pertama start dari seputaran Jalan Takasima dan hotel Suite Pakkar,’’ ujar Terkelin Brahmana.

Adapun rencana pelebaran jalan tersebut sesuai rencana yang nantinya Pemda Karoajukan. Mudah-mudahan akan terlaksana mulai anggaran semester pertama. Mungkin bulan April 2018.

Disinggung kendala apa saja yang membuat warga sehingga belum semuanya masyarakat Desa Raya sampai ke Desa Simpang Ujung Aji membubuhkan tanda tangan sebagai tanda setuju, dan adanya beredar isue bahwa warga tidak mendukung pelebaran jalan tersebut, Terkelin Brahmana membantahnya. ‘’Lihat sendiri, banyak warga yang hadir dilokasi ini, setahu saya sebaliknya warga sangat mendukung. ‘’Abaikan saja isu-isu yang berkambang tidak bertanggung jawab. Mari kita dukung rencana pembangunan jalan lanjutan tersebut. Untuk terkait pembebasan lahan dan persetujuan teknisnya di bawah kordinasi Camat Berastagi semuanya,’’ tegas Bupati Karo.

Camat Berastagi Mirton Ketaren mengatakan bahwa hampir semua warga sudah setuju. Namun ada beberapa warga pemilik tanah yang terkena pelebaran jalan, tidak tinggal di Desa Raya tapi di luar Sumut, sehingga lobi dan koordinasi agak lama. ‘’Semuanya dalam waktu dekat saya pastikan clear and clean,’’ tegas Camat Berastagi Putra Ketaren Raya.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article