BanyuasinPolriSecond HeadlineSumsel

Bupati Banyuasin Instruktur Upacara HUT ke-73 Bhayangkara

Sumateranews.co.id, BANYUASIN– Polres Banyuasin mengadakan upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara yang digelar di lapangan samping Polsek Pangkalan Balai, Rabu (10/07/2019)

Dalam acara ini selaku Inspektur upacara Bupati Banyuasin H. Askolani, SH MH, komandan upacara Ipda Ricky Febrian SH, peserta upacara perwira Polres Banyuasin, TNI, Polsek jajaran, Satuan Pol PP, Security, Pramuka, Manggala Agni, dan Senkom.

Dihadiri juga, Kapolres Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, SIK, Dandim 0430 Banyuasin, Letkol Arh Alfian Amran, ST., MM, Danyon Arhanud 12/Sbp, Mayor Arh N Alfarizi Zikon, Mayor Czi Trisnu Nopawa, SSos, MSi Danyon 12/KJ, Kepala Kejari Banyuasin Mochamad Jefri, SH MH, Hudy Iswono, Amd.ip SH MH, Kepala Lapas Narkotika Sukajadi, Ibzani HS, SPd, Ketua Bawaslu Banyuasin, Ibu TP PKK, Bhayangkari, Persit, FKUB, Toga, Tomas, Toda, dan Ka. OPD.

Dalam amanat Bupati Banyuasin membacakan amanat Presiden, mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke- 73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Polri di manapun berada. ‘’Juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras pengabdian pengorbanan dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang ditunjukkan personel Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Menegakkan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,’’ ujar Bupati.

Mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara kita. ‘’Semoga Allah subhanahu wa ta’ala Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan balasan atas seluruh pengorbanan perjuangan dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan,’’ katanya.

Kerja keras dan pengabdian Polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.  Polri dan TNI dalam mengamankan seluruh peralatan internasional yang diselenggarakan pemerintah yaitu Asian Games, Asian Para Games serta World Bank Annual Meeting 2018 Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu tahun 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman. Mulai perayaan Natal 2018 Tahun Baru 2019 sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Kita juga merasakan situasi Kamtibmas yang kondusif arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia.

Bersama dengan seluruh pemangku kepentingan Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air. Juga telah mengungkap berbagai kejahatan mulai kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat kemudian kejahatan lintas negara seperti teroris perdagangan narkotika perdagangan orang dan kejahatan cyber. Kejahatan berimplikasi seperti konflik sosial kerusuhan massa dan unjuk rasa anarkis sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging illegal fishing dan tindak pidana korupsi. Termasuk dalam menindak kejahatan tindak pidana korupsi sepanjang tahun 2018 telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai 2,9 triliun dan menyelamatkan uang negara sebesar 2,3 triliun.

Dalam pengelolaan organisasi Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan Polri opini wajar tanpa pengecualian dari badan pemeriksaan keuangan negara selama 6 tahun berturut-turut. Laporan kementerian pendayaan aparatur negara dan reformasi reformasi birokrasi menunjukkan nilai akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan indeks reformasi birokrasi Polri mengalami peningkatan disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 zona integritas yang terdiri dari 64 dengan predikat wilayah bebas dari korupsi dan 5 shaker dengan predikat wilayah birokrasi bersih melayani.

Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua kementerian atau lembaga dengan zona integritas terbanyak setelah kementerian keuangan bangsa dan negara Indonesia.

Tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.

Kedepankan strategi pemulihan proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat

Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, serta konsisten dan berkelanjutan.

Tingkatkan proporsionalitas dalam penegakan hukum guna mewujudkan penegakan hukum yang professional, transparan, dan berkeadilan. Koordinasi dan kerjasama dengan TNI kementerian atau lembaga pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Lalu acara dilanjutkan atraksi Pocil, peragaan satpam, syukuran hari Bhayangkara, pembagian hadiah lomba deteksi dini, gaple, pidato kamtibmas, adventure, kebersihan mako, dan futsal.

Selama kegiatan tersebut berlangsung situasi Kamtibmas dalam keadaan aman tertib dan kondusif.

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button