Bunuh Kekasih, Suryanto Dituntut Seumur HIdup

0
455

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Tersandung kasus pembunuhan Sonia kekasihnya sendiri, terdakwa Suryanto alias Kempol (24) warga ‎Jalan Sukawinatan Lorong Tutwuri Handayani Rt62 Rw10 Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Akhirnya ditetapkan JPU dalam tuntutannya dengan hukuman penjara Seumur Hidup.
Demikian hal ini terungkap dalam persidangan Rabu (27/09/2017) di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang. Dihadapan Majelis Hakim yang diketuai Kamaludin SH, Jaksa Penutut Umum (JPU) M Purnama Sofyan SH, dalam tuntutannya menyatakan, bahwa terdakwa Suryanto alias Kempol terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana dalam dakwaan primer pasal 340 KUHP dengan pidana seumur hidup.
“Perbuatan terdakwa Suryanto alias Kempol karena terbukti bersalah melakukan pembunuhan secara sadis, tidak berkeprimanusiaan sehingga membuat keluarga korban berduka dan juga meresahkan masyarakat,” tegas Purnama.
Sementara terdakwa usai mendengarkan tuntutan JPU masih terlihat menundukkan kepalanya, namun majelis hakim memecah kesunyian dengan memberikan kesempatan kepada terdakwa Suryanto alias Kempol, untuk memberikan pembelaan terhadap dirinya melalui Penasehat Hukumnya Eka Octha Reza SH MH.
Diketahui berdasarkan fakta persidangan sebelumnya dimana terdakwa Kempol menyadari ketika menjalin hubungan yang lebih serius kedepannya, namun kandas lantaran hubungan tersebut tidak direstui oleh orang tua korban. Puncaknya pada hari kejadian dirinya pun langsung menjemput korban di kampusnya.
Peristiwa pembunuhan tersebut dilakukan terdakwa terhadap korban Sonia pada tanggal 29 April 2017 sekitar Pukul 13.30 Wib di kediaman terdakwa. Sebelumnya, terdakwa Kempol yang merupakan mahasiswa jurusan Teknik Elektro di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di kawasan Plaju mengakui sudah berpacaran dengan korban cukup lama.
Namun hubungan asmara tersebut tidak direstui. Lantas terdakwa sempat ribut dengan korban dan terdakwa tega menghabisi nyawa korban dengan cara menusuk korban sebanyak 3 kali.
Yakni di bagian bawah dada sebelah kiri sebanyak dua lubang dan satu lagi di perut sebelah kiri dengan dalam luka mencapai 10 cm. Bahkan sebelum itu, korban sempat menangkis pisau pelaku sebelum pelaku makin kalap dan menghabisi nyaw‎a korban.

 

Laporan : SU
Editor    : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article