HeadlineJambiNusantaraPALISumselWisata Kuliner

Buka Lokakarya Candi Bumiayu, Plt Bupati PALI : Candi Bumiayu Termasuk Aset Nasional

PALI – Balai Pusat Cagar Budaya (BPCB) Jambi menggelar Lokakarya Pengembangan dan Pemanfaatan Percandian Bumiayu selama dua hari mulai 24 – 25 November 2020 di Guest House Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Acara yang dibuka oleh Plt Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony, S. Kom, pada Selasa (24/11) kemarin ini menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Direktur Jendral Kebudayaan Hilmar Farid, P. hd, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Dr. Restu Gunawan, M. Hum, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Nasional Dr. Junus Satrio Atmodjo, dan Komunitas Budaya Panji Kusuma.

Plt Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony, S. Kom mengharapkan melalui Lokakarya pengembangan Candi Bumiayu akan menjadi momentum semua pihak dalam pengembangan kawasan Percandian Bumiayu sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomni kerakyatan.

“Dari Lokakarya ini kita berharap ada kolaborasi kerja sama antara pemerintah daerah, BPCB Jambi, Kementrian Kebudayaan dan masyarakat disekitar kawasan Percandian Bumiayu. Karena Candi Bumiayu sudah menjadi aset nasional harus kita manfaatkan secara optimal, kita ingin Candi Bumiayu ini menjadi lokomotif peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pariwisata dan kebudayaan,” paparnya saat memberikan kata sambutannya.

Ferdian juga menginginkan agar Lokakarya Pengembangan Percandian Bumiayu dapat merumuskan badan yang menjadi pengelola pengembangan wisata dan budaya disekitar kawasan Candi Bumiayu.

“Kita berharap hasil dari Loka Karya ini akan menghasilkan badan pengelola, unit pengelola agar dapat membantu masyarakat melakukan ekspresi kebudayaan sehingga menjadi sumber baru pendapatan bagi masyarakat,” ungkap Ketua DPC PDIP kabupaten PALI ini.

Sementara itu, Kepala BPCB Jambi Agus Widiatmoko mengatakan tujuan dari Lokakarya Pengembangan dan Pemanfaatan Kawasan Percandian Bumiayu ini adalah membangun ekosistem yang bergerak dibidang pemajuan kebudayaan.

“Dengan mengangkat potensi – potensi objek kemajuan kebudayaan yang pada intinya adalah warisan mencetak benda yang disandingkan dengan cagar budayanya, karena kedua – duanya tidak bisa dilepaskan,” jelas Agus saat dikonfirmasi di tempat acara.

Ditambahkan Agus, dalam rencana mengangkat ekosisitem pemajuan kebudayaan, BPCB Jambi berusaha meningkatkan kapasitas para pelaku atau para masyarakat kawasan percandian Bumiayu.

“Sekarang para komunitas belum ada, masyarakatnya belum beraktivitas di kawasan percandian Bumiayu. Untuk itu BPCB Jambi akan mendorong agar kawasan percandian Bumiayu ini bisa menjadi bagian ruang hidup berbudaya masyarakat yang ada disekitarnya, syukur – syukur nantinya akan memberi manfaat ekonomi, itu intinya, jadi Loka Karya ini sebagai pemantiknya,” terangnya.

Pada kesempatan ini Plt Bupati PALI turut didampingi oleh Wakapolres PALI Kompol Rizvi, SH, Danramil Talang Ubi Kapten Eri Hastanto, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Efendi, para peserta Loka Karya Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Jurusan Sejarah Univ. Unsri Palembang, Jurusan Pendidikan Sejarah IKIP Palembang, Kapolsek Tanah Abang, Babinsa Tanah Abang, Camat Tanah Abang, Kepala Desa Bumiayu, Kepala Desa Tanah Abang Utara, Kepala Desa Tanah Abang Selatan, Kepala Desa Tanah Abang Barat, BPD Desa Bumiayu, LPMD Bumiayu, Pemangku Adat Kabupaten PALI, Budayawan Bumiayu, Ketua Pokdarwis Desa Bumiayu, Pemerhati Budaya PALI, dan Karang Taruna Bumiayu, Kordinator Juru Pelihara.

Laporan : SMSI PALI III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button