Brankas Indomaret Dibawa Kabur Pencuri

0
567

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Sebuah brankas berisi uang tunai lebih kurang sekitar Rp 20 jutaan dari tempat perbelanjaan Indomaret yang berlokasi di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Desa Pangkul Kecamatan Cambai, Rabu (23/8) sekitar pukul 04.15 WIB berhasil dibawa kabur kawanan pencuri.

Tak hanya itu, para pelaku diperkirakan lebih dari empat orang itupun berhasil membawa kabur sejumlah barang jualan seperti ratusan bungkus rokok serta berbagai kosmetik dan satu unit TV LED berikut perangkat alat perekam CCTV milik Indomaret tersebut dengan menggunakan satu unit mobil diduga jenis Toyota Avanza.

Akibat kejadian tersebut, pihak korban mengalami kerugian berkisar hingga mencapai sekitar Rp 25 juta. Hingga sore hari kemarin, jajaran kepolisian resort (Polres) Prabumulih diketahui masih melakukan penyelidikan. Begitupun, tim Identifikasi beserta petugas Sat Reskrim telah melakukan olah TKP di lokasi tersebut.

Menurut keterangan dari sejumlah saksi dan warga sekitar lokasi kejadian serta pihak kepolisian, bahwa peristiwa pembobolan toko Indomaret Pangkul tersebut terjadi sekitar pukul 04.15 WIB. Pencurian itupun awalnya diketahui pertama kali oleh Dwi Susanto (36) yang merupakan pemilik toko pupuk tepat di sebelah toko perbelanjaan yang menjadi sasaran empuk kawanan pencuri yang tak lain Indomaret tersebut.

Dwi Susanto menceritakan, jika saat itu dirinya mendengar suara berisik dari arah depan Indomaret. Lalu, suara alarm berbunyi keras pun tak lama terdengar oleh Dwi dan juga istrinya yang terbangun dari tidur akibat bisingnya suara alarm Indomart tersebut. Mereka pun mencurigai jika Indomart yang berada tepat bersebelahan dengan toko pupuk sekaligus tempat tinggal milik mereka saat itu tengah dimasuki kawanan maling.

“Waktu mendengar ada suara alarm itu, saya sempat mengintipnya dari sela-sela lubang papan pintu toko kami ini, karena saya juga waktu itu mau keluar takut kalau mereka bawa senjata mas makanya saya intip saja tapi sayangnya tidak bisa kelihatan. Dan setelah sekitar 15 menit kemudian, anggota Bhabin itu bersama warga datang,” ungkap Dwi yang dibincangi saat di lokasi kejadian, kemarin.

Saksi ini menuturkan, bahwa kejadian pencurian di Indomaret itu berlangsung begitu cepat. Ia menduga kalau para pelaku dapat masuk ke dalam Indomaret itu melalui arah depan dengan cara merusak gembok yang terkunci di pintu rolling door tempat belanja tersebut.

“Kayaknya pelakunya masuk lewat rollingdoor depan Mas, soalnya gembok kuncinya sudah terpotong semua. Kalau ciri-ciri mobil pelakunya kalau tidak salah seperti jenis Avanza atau Xenia seperti itulah kira-kira,” sebutnya.

Keterangan yang sama disampaikan juga oleh Kiki (23) yang merupakan salah seorang pegawai Indomaret tersebut yang mengaku, jika kejadian itu baru diketahui pihaknya sesaat setelah kejadian berakhir yang kemudian oleh salah seorang atasannya langsung meluncur ke lokasi TKP untuk memastikan adanya kejadian pencurian di tempat mereka bekerja itu.

“Kalau kami taunya itu pagi tadi mas, waktu mau masuk kerja sudah ramai polisi. Ceritanya pagi itu yang saya tau kalau tempat ini dimasuki pencuri, awalnya dikasih tau sama yang punya toko di sebelah,” terang dia.

Disinggung untuk total kerugian atas kejadian yang dialami pihaknya itu, Kiki pun mengaku belum dapat merincikan secara pasti. Namun, ia mengatakan jika sebuah brankas berisikan uang sebesar Rp 18,7 jutaan hasil penjualan dan uang kas sebesar Rp 1 jutaan dengan total lebih kurang Rp 19,8 juta berikut ratusan bungkus rokok dan kosmetik berbagai merk berhasil dibawa kabur oleh kawanan pencuri.

“Brankas berisi uang yang ada di ruang belakang toko dan juga rokok-rokok maupun barang kosmetik yang mau dijual di sini hilang Pak, semua di bawa kabur pelaku. Tidak tau kalau jumlah pelakunya itu berapa, tapi yang jelas untuk mengangkat brankas itu saja, empat orang saja tidak terangkat,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH ketika dikonfirmasi siang kemarin, membenarkan adanya peristiwa pembobolan di Indomaret Pangkulo tersebut terjadi. Ia mengaku pihak korban sudah membuat laporannya atas kejadian itu. “Pihak korban sudah melapor ke kita dan untuk sementara ini, pelaku masih dalam penyelidikan kita,” tegasnya.

Laporan : Fadli
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article