BPN Lahat Targetkan 7000 PTSL Gratis

0
225

Sumateranews.co.id, LAHAT- Pembuatan sertifikat tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistemik Lengkap (PTSL) tidak dipungut biaya alias gratis. Hal ini dijelaskan Kepala Kantor BPN Lahat Ir Romanus Noor Widarto MM, di ruang kerjanya Senin (14/05/18).

“Biaya pengelolaan penyelenggaraan Prona seluruhnya dibebankan kepada rupiah murni dalam APBN pada alokasi DIPA BPN RI. Sedangkan biaya-biaya yang berkaitan dengan alas hak/alat bukti perolehan/penguasaan tanah, patok batas, materai dan BPHTB/PPh menjadi tanggung jawab peserta Prona,’’ tegasnya.

Untuk Lahat, kuota PTSL keseluruhan pada tahun 2017 mendapat 14.000 sertifikat. Sementara 2018 ini kuota sertifikat program PTSL sebanyak 7000 sertifikat.

Kecamatan yang sudah mendata PTSL tahun 2018 yakni Kecamatan Pumi, Pumu, Gumay Ulu, ada 3000 dari tiga Kecamatan  pendataan nama IP4 T kegiatan BPN diusulkan proses pembuatan  sertifikat. ‘’Kalau mereka melengkapi persyaratan 2 hingga 3 bulan. Biaya pembuatan PTSL gratis tanpa dipungut biaya tapi kewajiban seperti BPHTP  (perolehan hak atas tanah dan bangunan) harus dibayar tergantung nilai perolehan objek pajak/Npop as lahan itu dibayar melalui BPKAD,’’ tambah Romanus.

Laporan          : Novita

Editor/Posting : Imam Ghazali