BPJS Kesehatan Jamin Peserta JKN-KIS Peroleh Pelayanan Kesehatan Selama Mudik Lebaran

0
264
kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Moh Makruf SH didampingi dua Kepala Unit (Kanit) BPJS Prabumulih, Rini dan Rika, saat menggelar jumpa pers terkait pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS selama mudik lebaran nanti.

Juga Dirikan Delapan Posko Mudik

sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Menghadapi mudik lebaran tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali menjamin para peserta JKN-KIS untuk dapat memeroleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana dan cepat. Kemudahan mendapat pelayanan kesehatan selama mudik lebaran itu disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Moh Makruf SH, saat menggelar komferensi pers diruangan rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih, Kamis pagi (15/06).

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Moh Makruf, didampingi Kepala Unit (Kanit) Hubungan Kelembagaan Masyarakat, Rini dan Kanit MPKR BPJS, Rika.

Menurut Makruf, dalam kegiatan jumpa pers yang digelar serentak di seluruh Kantor BPJS Kesehatan seluruh Indonesia itu, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai tanggal 2 Juli 2017 mendatang. Artinya bagi peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan itu mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran, hingga mudah untuk mengeceknya. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat juga dilihat di website BPJS Kesehatan, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan kita ke 1500400, disini selain bisa memeroleh informasi, pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta baik untuk mutasi atau aktivasi, termasuk besaran denda pelayanan, juga bisa untuk mendaftar langsung menjadi peserta.

Pelayanan ini 7 X 24 jam” terangnya.
Lebih jauh dikatakan Makruf, selain memberikan kemudahan pelayanan kesehatan selama musim mudik lebaran, pihak BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, diantaranya Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

“Di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini akan kita buka mulai dari 21 – 24 Juni 2017. Di Posko ini sejumlah pelayanan kesehatan dari pemberian obat-obatan hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik kita siapkan. Bahkan fasilitas relaksasi juga ada, ini kita berikan sebagai bentuk wujud kepedulian BPJS Kesehatan untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan peserta selama mudik lebaran nanti,” tukasnya.

Laporan : Donny
Editor : Donny

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article