BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Pelunasan Tunggakan Melalui Program Relaksasi Iuran

290
BPJS Kesehatan menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama Kota Prabumulih, Selasa (22/9).

PRABUMULIH – BPJS Kesehatan menggelar Forum Komunikasi dan Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama Kota Prabumulih, Selasa (22/9). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Prabumulih, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Bapeda, BPKAD, DPMD, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, RSUD Kota Prabumulih, IDI Kota Prabumulih, RS AR Bunda, Ketua LVRI Kota Prabumulih dan Perwakilan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas Prabumulih Barat.

Sekretaris Daerah Kota Prabumulih, Elman, ST, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih.

“Kami mengapresiasi peran aktif BPJS Kesehatan serta Instansi terkait terhadap penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” kata Elman, disela-sela acara.

Elman juga berharap nantinya akan ada Rekonsiliasi data yang dilakukan 3 bulan sekali sehingga data Program JKN-KIS yang disajikan lebih valid.

Di samping itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yunita Ibnu mengatakan Forum ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Program JKN KIS di Kota Prabumulih.

“Kita terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam hal pelayanan program JKN di Kota Prabumulih,” ungkap Yunita Ibnu.

Yunita melanjutkan, bahwa ada Program Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN (Relaksasi Iuran) dengan ketentuan tertentu. Hal ini sebagai upaya mendukung tanggap Covid 19 pada tahun 2020 peserta JKN KIS yang menunggak dapat mengaktifkan kepesertaan kembali dengan hanya melunasi tunggakan iuran selama paling sedikit 6 bulan tunggakan ditambah 1 bulan berjalan melalui Program Relaksasi. Program relaksasi berlaku sampai dengan 31 Desember 2020. Untuk sisa tunggakan, diberikan kelonggaran pelunasan sampai dengan 31 Desember 2021 melalui Program Cicilan, sehingga status kepesertaannya tetap aktif. Untuk tahun 2021 dan tahun selanjutnya pengaktifan status kepesertaan dengan ketentuan melunasi seluruh tunggakan.

Laporan : King III Editor : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here