BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Pelayanan Peserta JKN-KIS Selama Mudik Lebaran

96
BPJS Keehatan: Menghadapi mudik lebaran tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali menjamin para peserta JKN-KIS untuk dapat memeroleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana dan cepat. Kemudahan mendapat pelayanan kesehatan selama mudik lebaran itu disampaikan oleh Pejabat sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Dessy Maya Melinda, saat menggelar komferensi pers diruangan rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih, Senin (04/06/2018) sore.

sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Menghadapi mudik lebaran tahun ini, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali menjamin para peserta JKN-KIS untuk dapat memeroleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana dan cepat. Kemudahan mendapat pelayanan kesehatan selama mudik lebaran itu disampaikan oleh Pejabat sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Dessy Maya Melinda, saat menggelar komferensi pers diruangan rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul, Prabumulih, Senin (04/06/2018) sore.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” terang Dessy.

Menurut Dessy, dalam kegiatan jumpa pers yang digelar serentak di seluruh Kantor BPJS Kesehatan seluruh Indonesia itu, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak tanggal 7 – 23 Juni 2018 mendatang. Artinya bagi peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan itu mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran, hingga mudah untuk mengeceknya. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat juga dilihat di website BPJS Kesehatan, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan kita ke 1500400, disini selain bisa memeroleh informasi, pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta baik untuk mutasi atau aktivasi, termasuk besaran denda pelayanan, juga bisa untuk mendaftar langsung menjadi peserta. Pelayanan ini 7 X 24 jam” urainya.

Tak sampai disitu, guna memudahkan kelancaran bagi peserta dalam memeroleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga mencipatkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Dalam aplikasi ini, para peserta dapat dengan mudah menghubungi telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Disinggung soal penyediaan posko pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS di wilayah kota Prabumulih selama mudik lebaran, dijelaskan Dessy, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak Polres dan Dinkes Prabumulih.

“Dan untuk posko titik kita sendiri, khusus wilayah Prabumulih kita akan mengadakan koordinasi dengan pihak Polres dan Dinkes, dan sejauh ini kita belum bisa menentukan berapa banyak titik posko yang akan ditetapkan,” tukasnya.

Laporan : Taufik

Editor   : Donny

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here