BNNP Sumsel Musnahkan BB 79 Kg Sabu Tangkapan Danlanal

55
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Selasa (10/12/2019) memusnahkan barang bukti narkotik tangkapan Danlanal dari perairan laut Palembang, pada akhir Oktober 2019 lalu. Pemusnahan sebanyak 79 Kg narkoba jenis sabu ini dilakukan di halaman BNNP Sumsel.

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Selasa (10/12/2019) memusnahkan barang bukti narkotik tangkapan Danlanal dari perairan laut Palembang, pada akhir Oktober 2019 lalu. Pemusnahan sebanyak 79 Kg narkoba jenis sabu ini dilakukan di halaman BNNP Sumsel.

Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Drs John Thurman Panjaitan mengatakan acara pemusnahan barang bukti narkoba merupakan wujud transparansi pihaknya dalam memberantas narkoba.

“Pemusnahan ini merupakan wujud transparansi dari BNNP. Dari proses penangkapan didapatkan sabu seberat 79 kg sampai saat pemusnahan juga seberat 79Kg,” ujarnya, pada acara pemusnahan tersebut.

Ia melanjutkan, pemusnahan barang bukti narkotika ini bentuk kerjasama antara TNI AL Danlanal dan BNNP Sumsel.

“Sebetulnya masih banyak yang belum terungkap. Maka ini memacu pihak BNNP untuk terus berupaya menangkap para pengedar baik itu di darat, udara dan di laut,” tandasnya.

“Bisa diasumsikan satu gram saja yang bisa pakai itu 7 orang. Maka jumlah orang yang dapat diselamatkan dari pemakai sabu ini adalah 79 ribu dikali 7 orang, Jadi sebanyak 553.000 ribu jiwa anak bangsa berhasil diselamatkan,” jelas Brigjen Pol Drs John Thurman Panjaitan.

Diungkapkannya, pelaku memasok dari daerah perairan berinisial Y dan diketahui pernah bekerja di batu bara, Y menghubungi DS seorang nelayan yang dijanjikannya untuk mengirimkan sabu. Dalam transaksi satu kilo sabu Y menjanjikan DS dengan upah Rp5 juta. Kemudian barang bukti dia masukkan ke dalam 4 koper untuk pengiriman sabu ditengah laut.

Namun sial bagi kedua pelaku, tak lama transaksi yang dilakukan Y dan DS di laut untuk pengantaran barang datang Satuan Danlanal dan langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka DS dan temannya, sedangkan tersangka Y kabur dan jadi DPO. Danlanal mengamankan pelaku berkat informasi warga.

“Kita harus terus melakukan penangkapan-penangkapan terhadap pengedar narkoba agar generasi kita terselamatkan dari pemakai narkoba dan generasi kita tidak terjerumus dalam kasus narkoba,” harap John Thurman.

Sementara itu, Kolonel laut (P) Saryanto Dananal Palembang mengatakan, pihaknya akan terus berusaha semaksimal mungkin dalam upaya memerangi narkoba yang ada di Sumsel terutama di daerah perairan laut yang selalu di gunakan pengedar narkoba sebagai jalur tikusnya.

“Generasi muda merupakan penerus kita, narkoba merupakan perusak generasi. Jadi tanggung jawab kita bersama dalam memerangi narkotika,” tegas Kolonel Laut (P) Saryanto.

Laporan : Yudhi

Editor    : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here