BNNK OI Launching Dusun Kuliner

0
147

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Untuk mencegah tindak peredaran narkoba di kalangan generasi muda dan pelajar, Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Ogan Ilir (OI) bekerja sama dengan aktivis penggiat narkoba dan HIV/AIDS Sumatera Selatan, Komsa Nursalam melaunching Usaha Menengah Kreatif bertajuk “Dusun Kuliner”, di Kelurahan Tanjung Batu, belum lama ini.

Dalam launching tersebut diisi dengan pemutaran film dokumenter tentang pencegahan bahaya narkoba  dan penampilan live musik diiringi band indie Amaris Band.

Komsa Nursalam mengatakan, inisiatif dibukanya usaha kuliner tersebut adalah sebagai wadah edukasi dan komunikasi, yang  berorientasi sebagai sarana hiburan dan kegiatan sosial seperti pencegahan bahaya narkoba melalui layanan konseling yang berkaitan dengan bahaya narkoba.

“Seperti rujukan rehabilitasi Instalasi Pusat Wajib Lapor (IPWL) diperuntukkan bagi anggota keluarga yang terkena dampak buruk narkoba, layanan ini kami berikan secara gratis kepada masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, terobosan yang diambil tersebut adalah sebagai bentuk kepeduliannya terhadap generasi muda di OI. “Agar tidak terjerumus dalam tindak peredaran gelap  narkoba,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh kepala BNNK OI AKBP Abdul Rahman, kepada mediasumateranews.co.id. Menurutnya, hal tersebut adalah salah satu bentuk kegiatan positif untuk menekan tindak peredaran narkoba. “Dalam waktu dekat kita akan mewujudkan desa percontohan bebas narkoba, serta  memberikan ruang khusus kepada masyarakat  mengakses dan memberikan laporan seputar terjadinya tindak peredaran narkoba di masyarakat,” bebernya.

Sementara itu Camat Tanjung Batu H. Azhari Adan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas gagasan kreatif yang diprakarsai oleh Komsa Nursalam dan BNNK OI. “Ke depan kita upayakan agar kegiatan ini juga dilakukan di seluruh desa di Kecamatan Tanjung Batu. Dalam waktu dekat saya akan menyosialisasikan hal ini kepada seluruh kepala desa untuk ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan serupa, agar masyarakat terbebas dari narkoba,” tandasnya, Sabtu (9/12).

Laporan            : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting   : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article