Bibit Padi Gogo 100 Ton Disebar ke 35 Hektar di Kecamatan Pemulutan Barat

0
238

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Guna meningkatkan hasil pertanian khususnya persawahan dan mendukung target UPSUS Pemprov Sumsel, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir (OI) menyebar bibit padi sawah gogo lebih dari 100 ton di 35 ha sawah Desa Kamal Kecamatan Pemulutan Barat, Minggu (23/9).

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan OI H Hasnandar Setiawan, SE., MM didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Abi Bakrin Sidik, SP., M.Si dan Kasi Perbenihan dan Perlindungan Febrina M, SP mengatakan padi gogo rawa merupakan benih varietas makongga yang cocok ditanam dilahan rawa yang demografinya kerap berubah tergantung musim kemarau dan penghujan, selain itu bibit ini menghasilkan beras yang rasanya pulen dan disenangi masyarakat banyak.

“Ini cocok ditanam di lahan basah dan kering, disebar di 35 ha lahan padi, sebanyak 25 kg per ha, diperkirakan nanti panennya sampai 100 kg ton gabah kering. Bibit padi ini ditebar secara gratis kepada masyarakat. Kita pilih warga Desa Kamal karena daerah ini mayoritas perekonomiannya dengan cara bercocok tanam. Kita sangat mengharapkan warga dalam satu tahun bisa tanam 2 kali dan bisa panen 2 kali, gun mendukung swasembada beras di OI dan Sumsel umumnya,” kata Kadis Pertanian OI Hasnandar usai menyerahkan bibit secara simbolis kepada kelompok tani.

Pihak Kementerian BPSDMP Sri Mulyani mengharapkan dengan adanya pembagian bibit padi gogo sawah gratis bisa mendukung produksi beras di OI dan Sumsel umumnya. ”Kalau bisa swasembada pangan artinya kesejahteraan masyarakatnya meningkat,” jelasnya.

Laporan          : Lubis
Editor/Posting : Imam Ghazali