Bertambah 2 Kasus, Total Positif Covid-19 di Mesuji Berjumlah 10 Orang

40
Foto ilustrasi.

MESUJI – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Mesuji bertambah dua orang lagi. Tanjungraya menjadi wilayah yang paling banyak pasien terinfeksi virus corona.

Sampai saat ini sudah 10 orang yang positif Covid-19 dari sebelumnya 8 orang. Hal ini diketahui dari rilis Dinas Kesehatan setempat, Rabu (16/9/2020).

Dua penambahan baru itu adalah HC (38), laki-laki, Warga OKI, Sumsel namun menetap di Tanjungraya. Pasien berikutnya, IF (31), warga Tanjungraya.

Keduanya berturut-turut disebut sebagai pasien 09 dan 10. Juru bicara gugus tugas Covid-19 Mesuji, Yanuar Fitrian, menyebutkan jika pasien 09 dan 10 ini, dilakukan swab pada 12 September 2020 lalu. Dan hasilnya sudah diketahui Tanggal 15 September 2020 kemarin.

Keduanya, mempunyai kontak erat dengan pasien 02. Saat ini kedua pasien menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing karena masuk dalam katagori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Pengumuman pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mesuji dinilai lambat. Begitu juga respon jubir gugus tugas yang jarang menjawab pertanyaan wartawan dalam hal penanganan Covid-19 di Mesuji.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris PWI Mesuji, Apriadi, SE. Dikatakannya, para awak media cukup kesulitan berkomunikasi dan melakukan konfirmasi dengan jubir gugus tugas Covid-19 ini.

“Kita sulit berkomunikasi dengan Kadiskes, sebagai juru bicara gugus tugas. Saya sendiri alami, WA hari ini, lusa dibalas. Itu syukur dibalas. Lebih sering, ya WA dibaca tidak dibalas,” ujarnya.

Apri mengatakan di situasi pandemi seperti ini komunikasi intens dengan media itu penting. Agar warga benar-benar memperoleh informasi yang akurat.

“Jadi jangan seperti sekarang ini. Informasi bertambahnya dua positif ini sudah berseliweran di medsos mulai tadi malam. Kita konfirmasi, tidak dijawab. Sehingga informasi semakin liar. Nah, setelah banyak wartawan yang WA, baru saja, rilis dikirim lewat WA,” katanya.

Senada, Iwan, wartawan Lampost, juga menyampaikan hal yang sama. “Saya sudah WA, ya sampai sekarang belum dibalas. Susah. Ini tahu-tahu ada rilis penambahan pasien,” ujarnya.

Padahal, lanjut Iwan, banyak hal yang ingin ditanyakan mulai dari langkah pencegahan apa yang akan dilakukan gugus tugas. Dan hal berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Mesuji.

Seperti saat media mencoba mengirim pesan WA Kadiskes, menanyakan penambahan dua orang positif, hanya terlihat tanda telah dibaca tanpa sedikitpun berusaha membalas.

Berikutnya hanya memberikan balasan singkat. “Besok rencana ada rapat gugus,” Namun, saat ditanya lagi, yang bersangkutan kembali tidak memberikan balasan, dan hanya membaca WA awak media saja.

Laporan : Aan S III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here