HeadlineMuara EnimSecond HeadlineSumsel

Bersama PTBA, Ribuan Jemaah Satukan Hati dalam Energi Kebaikan

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM- Ribuan warga berdatangan dari berbagai penjuru memenuhi Masjid Jami Bukit Asam hingga meluber ke halaman masjid untuk menunaikan ibadah Salat Idul Fitri 1440 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Panitia Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H Bukit Asam pada 1 Syawal, Rabu pagi (5/6).

Untungnya, panita telah mengantisipasi dengan menyiapkan tenda yang cukup luas untuk menaungi jemaah yang berdatangan. Tenda-tenda itu dipasang memenuhi halaman samping masjid, sehingga warga yang datang dan dapat tempat di dalam masjid yang mampu menampung hingga 2.000 jamaah ini, langsung menggelar sajadah mereka di bawah tenda.

Meski Salat Idul Fitri dimulai pukul 07.00 WIB, warga mulai berdatangan ke Masjid Jami Bukit Asam sejak subuh. Tampak di antara ribuan jamaah, General Manager (GM) Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) Bukit Asam, Ir. H. Suhedi, Manajer Humas PTBA, H. Efensi, ST dan para pejabat Bukit Asam yang hadir bersama anggota keluarga masing-masing untuk melaksanakan salat. Bertindak sebagai imam dan khatib, Ustadz Drs. H. Muhammad Toha dari Pondok Pesantren Al Falah, Palembang.

Usai mengimami salat, dalam khutbahnya Muhammad Toha mengajak seluruh umat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT setelah melaksanakan puasa sepanjang Ramadhan. “Dengan memahami makna hakikat puasa di bulan Ramadhan, umat Islam dapat lebih meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT ditandai dengan saling memaafkan dan mengubah sikap dan sifatnya menjadi insan yang lebih baik dari sebelum berpuasa,” tutur Muhammad Toha.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Jami Bukit Asam yang mengambil tema “Satukan Hati dalam Energi Kebaikan” ini pun selesai. Usai saling bersalaman dan bermaafan, jamaah pun kembali ke rumah masing-masing. Meski sempat terjadi kepadatan, namun berkat kesigapan satuan pengamanan Bukit Asam dan Unit Lantas Polsek Lawang Kidul, arus lalu lintas yang melintasi Masjid Jami Bukit Asam dapat segera normal kembali.

 

Sumber      : Ril

Posting       : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button