Berikan Kenyamanan Keluarga Warga Binaan, Rutan Sediakan Fasilitas Bermain Anak

0
256
RUTAN ; Kepala Rutan Klas IIB, Reza M Purnama, AMd IP SH, saat diruang kerjanya, Rabu (12/9/2018).

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB terus melakukan pembenahan, untuk menghilangkan imej atau kesan seram selama ini. Salah satunya, dengan menyediakan fasilitas bermain bagi anak dan keluarga warga binaan yang sedang membesuk (berkunjung, red).

“Sengaja kita bangun fasilitas publik, khususnya fasilitas bermain anak. Menambah kenyamanan keluarga warga binaan yang besuk, fasilitas anak tersebut bisa dimanfaatkan oleh anak warga binaan untuk bermain,” ujar Kepala Rutan Klas IIB, Reza M Purnama, AMd IP SH, saat diruang kerjanya, Rabu (12/9/2018).

Reza jelaskan, fasilitas arena bermain anak yang dibangun dari dana anggaran Rutan Kelas IIB tersebut  kini sudah mulai dimanfaatkan oleh anak-anak warga binaan.

“Apalagi, cukup banyak setiap harinya keluarga yang membawa anak untuk besuk. Sehari bisa mencapai 50 orang yang besuk warga binaan di sini,” imbuhnya.

Namun demikian, dia katakan tetap ada prosedur (SOP) yang harus dipatuhi bagi para pengunjung atau keluarga warga binaan yang ingin membesuk. waktu besuk warga binaan setiap harinya. Pertama, mulai dari jadwal jam besuk pukul 08.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB, selanjutnya pembesuk pun digeledah terlebih dahulu barang bawaannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Orang tuanya bertemu, anak-anaknya bisa memanfaatkan fasilitas bermain yang kita sediakan. Selain keluarga warga binaan, juga bisa dimanfaatkan pegawai yang membawa anak,” tambahnya.

Sementara itu Rudi, salah satu warga binaan mengaku, adanya fasilitas bermain anak yang dibangun tersebut jelas sangat bermanfaat dan berguna bagi penghuni Rutan.

“Tidak hanya bagi warga binaan, juga bagi keluarga dan anak anak saat besuk untuk bisa bermain di taman bermain yang disediakan pihak rutan,” tukasnya.

Laporan : AD

Editor     : Donny