Berganti Nama Bansos, Penerima Rastra Gratis 10 Kg Beras Per Bulan Hingga Juli 2018

0
71

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Para peserta penerima beras sejahtera (rastra) kini tidak perlu merogoh kantong untuk membayar beras bantuan dari Pemerintah tersebut. Pasalnya, semenjak diganti dan dialihkan ke bantuan social (bansos) bantuan beras bersubsidi ini terhitung awal bulan hingga 7 bulan ke depan tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Yacub BN SSos melalui Kabid Banjamsos, Drs A Heriyanto MM, saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (23/01). “Pada 2018 ini, para penerima rastra selama 7 bulan kedepan akan mendapat jatah 10 kg beras dengan cuma-cuma alias gratis dari Lumbung Logistik (Bulog) Subdrive III Lahat. Karena kalau dahulu sifatnya subsidi. Sekarang ini beralih ke bantuan social,” terangnya.

Menurut Heriyanto, jika pada tahun sebelumnya penerima beras sejahtera (rastra) harus menebus Rp 1.600 per kilo untuk 15 kg beras yang menjadi haknya. “Kini gratis selama 7 bulan ke depan, didistribusikan langsung Bulog ke kecamatan terus ke kelurahan/desa sampai ke RT/RW,” sebut Heriyanto lagi.

Masih dikatakan Heriyanto, tercatat berdasarkan data sebanyak 9.679 orang akan menerima jatah penerismas rastra.
Namun lebih jauh dia sebutkan, untuk pendistribusian rasta tersebut, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi terlebih dahulu, sehingga pendistribusiannya berjalan dengan baik dan lancar.

“Barulah pada Agustus nanti, beras rastra berganti nama Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Selanjutnya, BNPT tersebut bisa ditebus lewat e-Warung yang telah disediakan,” ucapnya.

Kata dia, akan ada semacam kartu ATM atau voucher untuk mengambil BPNT di e-Warung tersebut. Sehingga bansos yang digulirkan benar-benar bermanfaat bagi penerimanya.

“Apa yang dibutuhkan warga penerima rastra, tinggal diambil dan ditebus saja di e-Warung,” tukasnya.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor : Donny

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article