Bentuk Kepedulian, Pemkab Musirawas Bangun Bendungan Irigasi Bagi Petani

24

Sumateranews.co.id, MUSIRAWAS – Sebagai bentuk kepedulian yang nyata terhadap masyarakat khususnya para petani, Pemerintah Kabupaten Musirawas melalui Dinas PU Cipta Karya, Pentaruang dan Pengairan Kabupaten Musirawas melakukan pembangunan bendungan jaringan Daerah irigasi  Sukaraya di Desa Sukaraya Baru Kecamatan STL Ulu Trawas, Jum’at (31/1/2020) kemarin.

Pembangunan bendungan ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Musirawas H. Hendra Gunawan serta dihadiri Forkompimda dan sejumlah pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Musirawas lainnya.

Di kesempatan itu, Bupati H.Hendra Gunawan mengatakan bahwa dengan diresmikan bendungan ini menjadi bukti perhatian serius pemerintah kabupaten Musi Rawas dibidang infrastruktur kepada masyarakat. Karena sebagaimana diketahui bendungan ini keberadaannya sudah ada sejak lama namun sejak tahun 1995 belum penah dilakukan perehaban.

“Ini buah dari kesabaran masyarkat desa Suka Raya dan sekitarnya, Hari ini bendungan yang dibutuhkan dan dinantikan masyarakat sejak lama, akan diresmikan,” katanya.

Ditambahkan Bupati H2G, pada kesempatan ini pemerintah kabupaten Musi Rawas juga secara khusus dan spesial menyampaikan ucpan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pembangunan bendungan ini. Terkhusus kepada seorang wargacyang bernama Sirin (70) bupati memanggil yang bersangkutan dan menyampaikan cidera mata secara langsung kepada yang bersangkutan.

” Areal bendungan ini di bangun atas lahan yang dihibahkan oleh bapak Sirin, kepada beliau pemerintah kabupaten Musi Rawas menyampaikan terima kasih, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal jariah bagi bapak Sirin dan keluarga,” katanya.

Selanjutnya, Menurut kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (DPU CKTRP) H.Ristanto Wahyudi mengatakan, dengan selesainya pembanguanan dan perehaban bendungan ini, maka diharapkan mampu menyulai kebutuhan air bagi areal persawan petani lebih dari 250 hektar. Artinya apabila bendungan ini sudah difungsikan harapan terbesarnya adal dapat meningkatkan produktifitas dan penghasilan petani.

“Bendungan ini adalah jawaban bagi petani untuk kebutuhan air bagi areal persawan mereka, diharapkan mampu meningkatkan produksi sehingga berimbas juga bagi peningkatan kesejahteraan bagi masyarkat desa Suka Raya Baru dan sekitarnya,” ungkapnya.

Semetara Camat STL Ulu Terawas, H.Safarudin dalam sambutannya mengatakan, dirinya mewakili masyarakat Desa Suka Raya Baru dan umumnya masyarakat kecamatan STL Ulu Terawas menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Musi Rawas dan kepada semua pihak yang telah memberikan jawaban atas keinginan besar masyarakatnya atas pembanguan bendungan ini. Sebab selama bendungan Suka Raya ini sudah berfungsi tapi sebelum dibangun seperti sekarang maka tak jarang bendungan ini jebol dan rusak sehingga tidak dapat difungsikan secara maksimal oleh masyarakat petani di daerah tersebut.

“Atas nama masyarakat saya sampaikan ucapan terima kasih terkhusus kepada Bupati Musi Rawas Bapak H.Hendra Gunawan, Dinas PUCKTRP dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan bendungan ini, sehingga hari ini kita menyaksikan bendungan Suka Raya ini diresmikan,” sampainya.

 

Laporan : San

Editor : Dhino

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here