Bentuk Karakter Siswa Lewat Lomba

0
386
Siswa SMA Shailendra lomba sandal bakiak. Foto: Irfan

Sumateranews.co.id, PALEMBANG − Jelang hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tinggal beberapa hari lagi, semangat itu juga terlihat di lingkungan Yayasan Pendidikan Shailendra.

Tidak seperti biasanya, sekolah yang terletak di bilangan Plaju itu menjadi hingar-bingar oleh tawa serta teriakan para siswa yang antusias berpartisipasi dalam lomba yang digelar di lapangan sekolah, Senin (13/8).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK Shailendra, Arifin S Ag mengatakan bahwa banyak hal yang ingin ditumbuhkan dari dalam diri siswa, khususnya semangat sebagai generasi penerus bangsa.

Selain membentuk karakter siswa, giat lomba juga merupakan momentum yang tepat bagi siswa untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Giat ini dilakukan sebagai salah satu bentuk perayaan untuk hari yang paling bersejarah bagi bangsa ini. Diharapkan juga agar para siswa selalu mengenang jasa para pahlawan. Menyadari, merasakan betapa sulitnya mereka membela tanah air ini, demi sebuah kemerdekaan”, ujarnya saat ditemui Sumateranews.co.id di ruang kerjanya.

Masih kata Arifin, dirinya berharap agar para siswa menjadikan hari kemerdekaan sebagai momentum untuk terus maju dan berkembang. “Tidak mungkin negara ini maju dan sejahtera jika generasinya hanya berpangku tangan. Semuanya harus dicapai dengan usaha dan kerja keras”, lanjutnya.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK Shailendra, Arifin S Ag. Foto: Irfan

Ditambahkan, siswa jangan takut untuk mengikuti kegiatan, karena salah tujuannya adalah mendidik siswa baik itu ilmu pengetahuan, sikap dan pemikirannya untuk menjadi lebih baik lagi.

“Dalam agama juga sudah dijelaskan jika orang yang beruntung adalah orang yang hari ini lebih baik dari kemarin. Siswa adalah harapan bangsa di masa mendatang. Merekalah yang akan membentuk negara ini menjadi lebih baik,” jelasnya.

Terkait pengembangan SMA/SMK Shailendra pihaknya akan mengikuti kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah. “Agar lembaga ini terus berkembang lebih baik lagi, Kami akan tetap mengikuti kebijakan Pemerintah. Salah satunya perubahan kurikulum dari KTSP menjadi K13, di mana pemerintah menginginkan agar siswa menjadi lebih baik dan handal. Kami juga merasa kalau dengan kurikulum baru (K13) dunia pendidikan akan menjadi lebih maju,” paparnya.

“Kami optimis jika Yayasan Pendidikan Shailendra ini akan terus mengalami perkembangan, dan semakin mendapatkan kepercayaan para orangtua menitipkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan,” ucap pria yang dikenal dekat dengan semua kalangan.

Sementara, Ketua OSIS SMA Shailendra, Martin Aji Saputra memastikan bahwa giat lomba akan berlangsung selama empat hari. “Lomba dimulai hari ini (Senin) sampai Kamis depan. Agar lebih meriah, cabang yang dilombakan adalah Bakiak, Futsal, Makan Kerupuk, Balap Karung, senam, dan hias kelas,” katanya seraya menambahkan jika giat tersebut agar peringatan hari kemerdekaan ke 73 lebih semarak.

 

 

Laporan : Irfan

Editor    : Syarif