Belasan Rumah Rakit Hanyut dan Rusak Parah Dihantam Puting Beliung

0
322
Tampak rumah rakit yang ada di OKI mengalami rusak parah akibat dihantam angin puting beliung. (foto: Ali)

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Jika di Kota Lubuklinggau rumah warga ada yang ambruk akibat hantaman puting beliung, maka di Kota Kayuagung (OKI) pun mengalami hal yang sama.

Hanya saja di OKI ini yang menjadi korbannya adalah rumah rakit atau rumah apung.  Tidak kurang dari 14 rumah rakit yang berada di atas air Desa Cintajaya Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan hanyut dan rusak parah, Rabu (18/10).

Menurut warga Desa Cintajaya, Een (43) hujan deras yang mengguyur Desa Cintajaya dan sekitarnya yang disetai Angin Puting Beliung mengakibatkan  sebanyak 14 rumah rakit milik warga setempat hanyut terbawa arus dan rusak parah. ‘’Warga panik termasuk saya dan berusaha menyelamatkan diri, beruntung tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah,’’ ungkapnya.

Kepala Desa Cintajaya Abdulah Sani, Kamis (19/10) ketika dihubungi wartawan lewat handphone membenarkan terjadinya hujan dan Angin Puting Beliung tersebut. Dirinya bersama perangkat desa serta masyarakat bergotong – royong melakukan pertolongan terhadap  Rumah Rakit yang terhanyut terbawa arus air tersebut. ”Alhamdulilah 14 Rumah Rakit ini sudah kita tarik lagi pakai motor air dan sudah kembali ketempat semula. Hanya sebagian rumah-rumah rusak kecil itupun sudah sebagian diperbaiki, namun ada juga yang rusak parah,’’ ujarnya.

Lanjutnya, adapun nama-nama keluarga yang rumah rakitnya rusak tersebut  yaitu keluarga Saripudin, A.Rahman, A.Aziz, Adam Asmidi, Tapsili, M.Soleh SY, H.Teguh, Zainudin MZ, Mukromin, Budianto serta Kantor Desa dan Balai Desa Cintajaya juga rusak.

“Kami berharap kepada Pemda OKI, dapat membantu Korban Rumah Rakit yang rusak,” tandasnya.

Sementara itu Camat Pedamaran, Hercules ketika dikonfirmasi wartawan di rumah dinasnya juga membenarkan adanya kejadian tersebut. ”Memang benar ada Rumah Rakit yang rusak akibat hujan deras dan Angin Puting Beliung di Desa Cintajaya Kecamatan Pedamaran. ‘’Selain rumah rakit yang berada di Desa Cintajaya yang rusak, di Desa Pedamaran 1 dan 6 juga dihantam hujan dan Angin Puting Beliung bahkan ada yang rumah warga roboh, juga ruang tunggu Puskesmas atap sengnya anjlok karena melayang dan plapon amblas kebawa tapi korban jiwa tidak ada,’’ tegas Camat.

“Kita sangat berharap Pemerintah Kabupaten OKI dan sekitarnya dapat membantu meringankan beban warga yang terkena korban Angin Puting Beliung begitu juga dengan fasilitas lainnya yang rusak,’’ tandasnya.

Laporan            : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali