HeadlineNasionalPalembangSumsel

BBPOM Palembang “Stempel” Gerai Makanan Siap Saji

Sumateranews.co.id, PALEMBANG –Balai Besar Pengawas obat dan makanan (BBPOM) Kota Palembang kembali melakukan realisasi program stikerisasi pada beberapa gerai makanan siap saji yang ada di Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (21/2).

Disela kegiatan, kepala BBPOM Palembang Dra Hardanigsih Apt mengatakan bahwa program stikerisasi atau menempelkan tanda khusus pada gerai makanan siap saji ada sebuah bentuk upaya memberikan jaminan mutu dan steril tidaknya makanan tersebut dari zat-zat berbahaya jika dikonsumsi oleh konsumen.

“Ini (stikerisasi) bertujuan menjamin ketersediaan pangan siap saji yang dijual oleh outlet pedagang bebas dari zat berbahaya yang membahayakan kesehatan masyarakat,” ungkapnya didampingi dengan beberapa OPD Kota Palembang terkait.

Sebelumnya, semua lapak atau outlet sudah diperiksa dites oleh BBPOM, dan nyatakan aman dari bahan berbahaya. “Setelah tahap stikerisasi ini, pedagang akan mendapatkan sertifikat yg ditandatangani langsung oleh Wakil Wali Kota palembang. Jadi masyarakat bisa lebih yakin lagi bahwa makanan yang dikonsumsi benar-benar aman dan baik untuk kesehatan,” jaminnya.

Ke depan, lanjut Hardaningsih, akan ada beberapa outlet lagi yang akan dilakukan stikerisasi berdasarkan pemetaan dilapangan.

“Masih berkisar 190 outlet lagi baik itu lapak pedagang kaki lima maupun outlet di pertokoan atau mall,” ungkapnya.

Untuk diketahui, program stikerisasi dan sertifikasi terhadap penjual pangan siap saji, adalah kerjasama Pemkot Palembang dan BBPOM Palembang untuk menjamin ketersediaan pangan siap saji yang aman dan bebas dari zat berbahaya bagi kesehatan.

Laporan : Srie Gumay

Editor.   : Irfan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button