Baznas Muara Enim Bagi Zakat di Masjid Islamic Centre

0
238

 

Sumateranews.co.id MUARA ENIM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim memberikan zakat kepada masyarakat kurang mampu Muara Enim yang digelar di Masjid Islamic Centre, Rabu (14/6).

Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, Baznas menyalurkan dana zakat maal konsumtif kepada masyarakat fakir miskin merupakan infak para PNS di berbagai SKPD.

“Seiring dengan Visi dan Misi Kabupaten Muara Enim SMAS (Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera) Baznas Muara Enim sudah banyak sekali melakukan terobosan baru dan telah banyak mengalami kemajuan dari sisi penerimaan zakat,” jelasnya.

Berdasarkan Undang-undang 23 tahun 2011 dan Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014 Bahwa pengelolaan zakat dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang mengelola dana zakat, infak, dan shadaqah secara amanah,  transparan, akuntabel, propesional yang berdasarkan iman dan taqwa.

“Bagi PNS maupun swasta yang telah menunaikan zakat, infak, dan shadaqahnya semoga tetap istiqomah dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT,” tuturnya

Sementara itu Menurut,  Syachril, SH, M.Si, Mhi Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim mengatakan, sebagaimana tugas dan fungsi pimpinan Baznas yang diatur dalam UU nomor 23 tahun 2011 dan PP nomor 14 tahun 2014 , Harus efektif dan produktif.

Selain itu, Baznas juga mengelola dana zakat, infak, dan shadaqoh harus propesional,  amanah,  transparan, dan tanggung jawab di hadapan Allah SWT. Bertujuan untuk membantu saudara kita yang tergolong lemah dari sisi ekonomi dengan berbagai paket beras dan uang bagi mereka yang tidak mampu.

“Baznas juga melaksanakan program pemberdayaan modal usaha sehingga dapat membantu mereka untuk memperbaiki tarap hidup mereka yang semula sebagai mustahik bisa menjadi muzaki. Dan turut membantu pemerintah daerah dalam bidang pengentasan kemiskinan dengan melaksanakan beda rumah sebanyak 5 unit dan ditargetkan tahun ini sebanyak 10-20 unit beda rumah tidak layak huni,” imbuhnya

Lanjutnya,  Baznas Juga menyalurkan paket sembako dari program tebar 1000 sembako yang bersumber dari infak shadaqah ke 20 kecamatan Kabupaten Muara Enim.

Laporan   : Deka Saputra

Editor    : Imam Ghazali