Bayi 8 Bulan di Kampar Tertular Covid dari Ibunya

50
Warga saat menjalankan Rapid Test, yang diselenggarakan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kampar, Riau. Rapid test dilakukan untuk menekan dan menanggulangi penyebaran Covid-19, yang belakangan terus meningkat jumlahnya.

Total 53 Kasus, 10 di Antaranya Tenaga Kesehatan

Sumateranews.co.id, RIAU, – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kampar kini berjumlah 53 kasus. Setelah ada penambahan 7 kasus baru, dari sebelumnya hanya 46 kasus. Dimana di antaranya 31 masih dirawat, 21 dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia.

Dari ketujuh kasus terbaru tersebut, satu di antaranya merupakan bayi berumur 8 bulan yang tertular dari ibunya. Dan dua orang lagi merupakan klaster tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di salah satu puskesmas di Kampar. Sehingga total nakes yang terkonfirmasi positif hingga kini sudah berjumlah 10 orang.

Berikut data lengkap ketujuh pasien baru tersebut, atau pasien ke-47 yakni an. RHF (8 bulan) berjenis kelamin perempuan dari kecamatan Kampar Kiri dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. RHF (8 bulan) melakukan pemeriksaan Rapid test pada tanggal 28 Juli 2020 dengan hasil Reaktif. Dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 02 Agustus 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. Ia tertular karena sebelumnya ibunya juga terkonfirmasi positif pada tanggal 30 Juli 2020.

Pasien ke-48 adalah Tn. S (40) yang merupakan warga kecamatan Gunung Sahilan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn. S (40) memiliki riwayat keluhan demam sejak 2 minggu sebelum masuk Rumah Sakit. Dengan keluhan badan menggigil, batuk berdahak, riwayat malaria 3 tahun yang lalu dan hasil dari rontgen dengan hasil bronchitis. Tn. S (40) melakukan pemeriksaan Swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 31 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19.

Pasien ke-49 adalah Ny. E (35) yang merupakan warga kecamatan Bangkinang Kota dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ny. E (35) melakukan pemeriksaan Swab pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. Ia merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya Tn. HM (55).

Selanjutnya, pasien ke-50 adalah Ny. LRS (40) dari kecamatan Bangkinang Kota dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Bangkinang. Ny. LRS (40) melakukan pemeriksaan Swab di Kabupaten Kampar pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. Ia merupakan kontak erat dari pasien sebelumnya Ny. RIP (35).

Kemudian, pasien ke-51 Ny. RH (41) dari kecamatan Bangkinang Kota dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RSUD Bangkinang. Melakukan pemeriksaan Swab pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. Ia merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya Ny. RIP (35).

Seterusnya, Pasien ke-52 adalah Tn. Z (34) dari kecamatan Bangkinang dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn. Z (34) melakukan pemeriksaan Swab pada tanggal 29 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19. Ia merupakan kontak erat dari kasus sebelumnya Tn. HM (55).

Terakhir, pasien ke-53 adalah Ny. HKS (19) dari kecamatan Kampar Kiri dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ny. HKS (19) merupakan ibu dari RFH (bayi berumur 8 bulan) yang tertular Covid 19. Ia sebelumnya dengan keluhan post partum spontan, anemia, dengan hasil Rapid test Reaktif. Ny. HKS (19) melakukan pemeriksaan Swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 30 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi Covid-19.

“Mari kita semua tetap waspada, jangan lengah, disiplin dan patuh melaksanakan protokol kesehatan. Selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun. Kondisi ini belum diketahui kapan berakhir sehingga kita dituntut untuk beradaptasi, hidup produktif dengan situasi new normal,” tandas salah satu petugas gugus tugas penanganan Covid-19 Kampar, mengingatkan.

Laporan : Arifin III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here