Baru 19 dari 122 Desa yang Setor Bukti Pajak Galian C

0
213

Sumateranews.co.id, BENGKULU – Tenaga Ahli Infrastruktur Desa Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Bengkulu, Alfian ST, meminta agar seluruh desa segera melengkapi berkas pencairan tahap II Dana Desa.

Salah satunya yaitu bukti setor pajak mineral bukan logam dari pelaku usaha galian C yang digunakan perangkat desa untuk pembangunan infrastruktur. Sehingga, pencairan tahap II dapat segera direalisasikan pada pertengahan Oktober mendatang.

“Untuk saat ini, baru 19 desa dari 122 desa yang sudah melengkapi bukti setor pajak dari pelaku usaha tambang galian c. Nah, untuk 103 desa lainnya, kami harap bisa segera melengkapi serta melampirkan bukti setor pajak, sebagai salah satu syarat untuk pencairan tahap II,” ujar Alfian, Jumat (22/09).

Alfian juga mengimbau, untuk pajak mineral bukan logam tersebut dibayar bukan dengan menggunakan anggaran dana desa, melainkan berasal dari pembayaran pajak yang dilakukan oleh para pemilik usaha tambang yang ikut serta mensuplay material yang digunakan dalam pembangunan proyek.

“Jadi yang membayar itu bukan desa. Tetapi pemilik tambang. Perangkat desa hanya meminta bukti setor pajak tersebut dari pelaku usaha selaku wajib pajak,” tambah Alfian.

Dari 19 desa yang telah melampirkan bukti setor pajak mineral bukan logam, mayoritas dari wilayah perkotaan Curup.

“Kami yakin, melalui Dana Desa pembangunan infrastruktur di tingkat desa akan maksimal di bangun. Sekaligus dapat memberikan PAD yang besar dari sektor pajak bagi Kabupaten Rejang Lebong,” pungkas Alfian.

Laporan : Benny Septiadi
Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article