Banjir Rendam Puluhan Rumah Desa Gunung Kembang

0
387

Sumateranews.co.id, LAHAT –  Viral bencana banjir di Sumatera Selatan tampaknya begitu melegenda. Salah satunya  terjadi di Kabupaten Lahat, tepatnya di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur. Kendati air Sungai Kikim kecil meluap namun tetap merendam ratusan rumah warga. Tak sedikit warga mengabadikan momen tersebut, dan di upload ke media sosial. “Biar pejabat kita tahu, kalau warganya sedang kena musibah kebanjiran,” ujar Taufik, warga setempat, Rabu (14/3).

Dalam musibah kali ini, setidaknya ada 53 rumah yang terendam luapan air hingga selutut orang dewasa. Hal ini dikarenakan hujan dengan entinsitas tinggi yang turun dari Selasa (13/3/2018) sekikar pukul 22.00 WIB, hingga Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. “Air mulai masuk ke rumah warga sejak pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, hanya menggenangi 53 rumah warga saja,” tambah Sarkoni, Kades Gunung Kembang.

Bukan hanya menggenangi rumah warga, air juga menggenangi Jalan Lintas Sumatera di wilayah itu. Imbasnya kendaraan dari arah Lahat dan Empat Lawang, tidak bisa melintas. Kemacetan pun tak bisa dielakkan. “Kalau hujan deras kembali turun, bisa jadi bakal ada luapan susulan. Karena air sungai masih tinggi, baru di jalan dan di rumah warga yang surut. Kita akan terus memantau kondisi ini,” tegas Kepala BPBD Lahat, Marjono.

Laporan          : Novita

Editor/Posting :  Imam Ghazali