HeadlineLampungNusantara

Bangunan Pamsimas 2020 Kampung Catur Karya Buana Jaya Disoal Warga

sumateranews.co.id, TULANG BAWANG – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat III (Pamsimas) tahun 2020 di kampung Catur Karya Buana Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, disoal warga.

Pasalnya, warga menilai proses pembangunan tersebut terkesan asal jadi tanpa mengutamakan kualitas dan tak sesuai harapan warga.

“Saya khawatir ini tidak akan bisa memenuhi kebutuhan para warga pengguna nantinya. Sebab, untuk sekarang saja yang baru digunakan 14 rumah saja terkadang air itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi nanti jika penggunanya bertambah lebih banyak,” keluh salah satu warga, kepada awak media, Senin (31/8/20) lalu.

Bahkan masih dikatakan oleh warga, yang minta namanya tidak disebut ini, bahwa penggunaan lubang galian sumur bor yang akan dipergunakan nantinya merupakan sumur lama yang dibangun pada program RSMW tahun 2009 lalu. Warga menghawatirkan jika kapasitas sumur tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan warga sehari-hari.

“Sebelum kegiatan pembangunan ini dimulai, beberapa warga sempat mengajukan untuk dilakukan penggalian baru, supaya dapat memenuhi kebutuhan. Namun sepertinya usulan tersebut diabaikan begitu saja,” jelasnya.

Ironisnya, sebelumnya beberapa warga sekitar sempat mengajukan untuk dilakukan pengeboran sumur baru, namun usulan tersebut terkesan tak digubris oleh pihak pelaksana kegiatan.

Hingga berita ini ditulis, ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) berinisial SP belum bisa dipintai keterangan lantaran ditemui di rumah kediamannya beberapa kali selalu tidak ada di tempat. Bahkan saat dihubungi melalui telepon selulernya tidak pernah diangkat meski dalam keadaan aktif.

Sementara, Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya, Sinto, saat dipintai tanggapan melalui telepon selulernya miliknya, juga terkesan tidak merespon dengan alasan jika hal itu sudah ada pengelola dan penanggung jawabnya seperti KKM dan tim pelaksana lainnya. Dirinyapun seolah enggan untuk memberikan keterangan lebih lanjut terkait program Pamsimas yang ada di Kampungnya.

Diketahui program pamsimas di kampung Catur Karya Buana Jaya dibangun sebanyak dua tower menara air dengan pagu anggaran sebesar Rp.350.000.000,- yang bersumber dari dana APBN sebesar 70% Rp. 245.000.000,- , APBKAM 10% Rp. 35.000.000,- , INCASH 4% Rp.14.000.000,- dan INKIND 16% Rp. 56.000.000.

Laporan : Herry III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button