Bangun Desa, Bupati OI Kunjungi Menteri

0
152

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) terus melakukan upaya meningkatkan kemajuan daerahnya, terutama dibidang pertanian yang ada di desa. Diterima langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, Kamis (26/10), Bupati OI HM Ilyas Panji Alam beserta rombongan membahas rencana pembangunan desa yang ada di Bumi Caram Seguguk.

Dalam pertemuan itu, Bupati OI yang didampingi Staf Ahli Bupati Samsul Bahri, Kabag Humas dan Protokol M Ridhon Latief, memaparkan rencana usulan Pemkab OI untuk pembangunan kawasan pedesaan di bidang pertanian. Menurut M Ridhon, Pemkab OI mengajukan 5 ribu hektare lahan pertanian untuk dikembangkan yang terbagi dalam 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

“Alhamdulillah dari pertemuan tadi Bapak Menteri memberikan respon yang positif, malahan kita ditantang untuk menyiapkan lahan diatas 10 ribu hektare untuk dikembangkan. Bapak menteri juga meminta rencana ini segera dilakukan secepatnya. Dalam pekan ini Pak Bupati akan segera melakukan survei ke lokasi yang menjadi dampak pembangunan kawasan pedesaan ini,” ujar Kabag Humas dan Protokol OI ini melalui selulernya.

Dikatakannya lagi, dari 16 kecamatan yang ada, semua mempunyai peluang untuk menerima bantuan pengembangan kawasan pertanian ini. Nantinya kata dia bidang pertaniannya disesuaikan tergantung potensi desa yang bersangkutan.

“Bisa lahan sawah, bisa tanam jagung atau tanam lainnya. Selain itu pengembangan bukan hanya terpatok pada lahan pertanian saja, tapi juga akses jalan menuju pertaniannya. Misal jika jalannya tidak ada maka dibangun jalan, jika menyeberang sungai akan dibuatkan jembatan,” jelas M Ridhon.

Direncanakan program ini akan dilaksanakan pada tahun ini juga, sehingga pihak Pemkab OI segera bekerja ekstra cepat agar program ini cepat terserap. “Pak bupati akan segera mengumpulkan para camat untuk meminta data-data desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan, setelah itu akan dilakukan survei langsung oleh pihak kementerian,” tukasnya.

Laporan            : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting   : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article