Atasi Permasalahan Air Bersih, PDAM Tirta Agung Lakukan Berbagai Terobosan

176

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Menyikapi berbagai permasalahan ketersediaan air bersih di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Pemkab OKI melalui PDAM Tirta Agung melakukan berbagai terobosan untuk 5 (lima) tahun mendatang.

Direktur PDAM Tirta Agung, Banarianto, SE saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (2/9/2019) mengatakan, berbagai terobosan sebagai solusi permasalahan ketersediaan air bersih di wilayah Kab.OKI, ke depan akan melakukan Business Plan.

‘’Kita prioritaskan di beberapa kecamatan dalam wilayah Kab. OKI, seperti di Kecamatan Kota Kayuagung di belakang Kantor BAPPEDA OKI, di Pedamaran, Kecamatan Tanjung Lubuk Kelurahan Tanjung Lubuk masuk Serapek, Kec. Cengal, Kec. Mesuji di Desa Surya Adi, dan Kecamatan Tulung Selapan. Untuk prioritas kita yakni di Kecamatan Tulung Selapan,’’ terangnya.

Yang harus dipersiapkan, lahan, DED, UKL dan UPL nya terhadap dampak lingkungan, serta usulan Bupati OKI ke Kementerian PUPR.

Di samping pengembangan perpipaaan terhadap PDAM yang sudah operasional dan target sambungan PDAM gratis terhadap Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang PLN nya di bawah 1300 Volt.

Mudah-mudahan 5 tahun ke depan masyarakat OKI sehat dan permasalahan air bersih dapat terealisasi.

‘’Kalau di Kecamatan Tanjung Lubuk  seluruh desa, Insya Allah semuanya tercaver, untuk Caver Kecamatan Pedamaran termasuk di Kecamatan Teluk Gelam semuanya tergantung dengan pembebasan  lahannya, DED, dan lainnya,’’ cetusnya.

Selain itu untuk di Kecamatan Mesuji, Boster nya akan dibuat di Desa Surya Adi. ‘’Mengenai wilayah yang jauh dari Sungai kita akan membuat sumur bor melalui APBD dan jaringan perpipaan melalui provinsi dan APBN. Untuk Intek (pompa isap sungai) di tahun  2021 sendiri, mudah-mudahan PDAM Tirta Agung mendapat bantuan dan khususnya di Kecamatan Kota Kayuagung di Kelurahan Kayuagung Asli,’’ ungkapnya.

Mengenai bantuan dana APBN melalui Kementerian PUPR RI di tahun 2020 untuk PDAM sebesar 28 miliar. ‘’Nantinya kita prioritaskan pada pengembangan kapasitas atau peningkatan dan pembangunan Boster di Kec. Jejawi di Desa Muara Batun, Batun Baru, Lingkis, Tanjung Aur, Talang Cempedak, dan Desa Lubuk Ketepeng serta perpipaan di PDAM Serigeni Kecamatan Kota  Kayuagung,’’ tandasnya.

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here