Atasi Krisis Air Bersih, Pemkot Palembang Bangun 98 Titik IPAB

81

sumateranews.co.id, PALEMBANG – Guna mengatasi dan menjawab keluhan masyarakat dalam memperoleh air bersih khususnya yang tinggal di pinggiran bantaran Sungai Musi, Pemerintah kota Palembang akan menerapkan sistem Instalasi Pengelolaan Air Bersih (IPAB) di sejumlah titik lokasi.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali kota Palembang, Fitri Agustinda saat memimpin rapat IPAB di Kantor PDAM Tirtamusi Palembang, Senin (2/12/2019).

“Pemkot Palembang bersama dinas terkait dan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) secara bersama akan menjalankan program tersebut guna membantu masyarakat kecil yang membutuhkan air bersih,” ujar Fitri.

Dikatakan Fitri, dalam program itu pihaknya akan membangun sebanyak 98 titik IPAB.

“Maka dari itu dalam kegiatan jangka pendek kita akan merencanakan memberdayakan IPAB yang sudah ada, dengan syarat kondisi tersebut ada sumber mata air yang bisa kita kelola dengan kapasitas mengaliri air sekitar 50 Kepala Keluarga,” jelasnya.

Ia tambahkan, bahwa kegiatan IPAB di  wilayah Seberang Ilir hampir selesai ditahun 2020. Namun diwilayah lain di Seberang Ilir justru belum ada, untuk itu melalui program jangka pendek ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih.

“Seperti kita ketahui biaya pembuatan 1 IPAB tersebut 100 juta, Insyallah program jangka pendek ini bisa segera kita wujudkan sehingga membantu masyarakat kecil. Mengenai sistem pelaksanaanya kita masih koordinasi terus kepada dinas terkait dan PDAM untuk tata cara pengelolaanya,” jelas Fitri.

Dalam kesempatan itu juga, Fitri mengingatkan kepada pihak PDAM untuk tidak menarik iuran abodemen pemakaiannya.

“Saya mohon kepada PDAM jangan ditarik iuaran abodemennya karena hal tersebut akan merugikan masyarakat, sudah kesulitan air ditagih pula uang iurannya.

Laporan : Srie Gumay

Editor.    : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here