Aswari Raih Smart Technology Micro Hydro for Electricity

0
126

Sumateranews.co.id, LAHAT- Dinilai sebagai salah satu sosok inspirational leaders 2017, Kompas Group (KG) Award 2017 memberikan penghargaan kepada Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’i, SE. Sejak menjabat Bupati Lahat, suami dari Hj RR Kurnia Sismartianty Aswari ini berhasil membangun kelistrikan hingga 99 warga Lahat dialiri listrik. Tak salah, KG sebagai salah satu media terbesar di Indonesia itu memberikan penghargaan kepada Aswari, “smart technology micro hydro for electricity”.

“Apresiasi atas penghargaan ini. Penghargaan ini untuk semua masyarakat dan akan menjadi motivasi bagi saya untuk lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Aswari, usai menerima penghargaan di Hotel Aryaduta, Selasa (29/8) malam.
Diterangkan Aswari, dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kabupaten Lahat yaitu PLTU Banjarsari berkapasitas 2 × 110 MW dan PLTU Keban Agung 2 x 135 MW. Dengan kapasitas yang dimiliki, PLTU ini disiapkan untuk mengaliri listrik tidak hanya di Kabupaten Lahat, dan wilayah lain di Sumatera Selatan, melainkan hingga ke Jambi, Bengkulu, dan Banda Aceh.

Bupati Lahat Aswari Rivai menyatakan, kemandirian energi di Kabupaten Lahat didukung dengan kondisi kekayaan alam yang berlimpah, di antaranya, ketersediaan batu bara sehingga PLTU menjadi solusi untuk menyuplai listrik. “Aliran listrik yang merata hingga ke tingkat desa. Ini sejalan dengan program visi, misi pembangunan nasional yaitu surplus energi,” ujarnya.

Aswari menambahkan, program pemerintah pusat ini didukung oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Lahat. Salah satunya adalah prioritas pembangunan pusat-pusat pembangkit listrik baru dengan potensi terbarukan, mulai dari gas alam ataupun batu bara. “Selain PLTU, di Lahat juga ada PLTA yang sudah berproduksi selama 1 tahun dan telah mengaliri 15.000 sambungan listrik ke rumah-rumah penduduk di Lahat,” katanya.

Ditambahkanya, Kabupaten Lahat turut berkontribusi mewujudkan kemandirian ekonomi nasional. Puncaknya, Kepala Pemerintahan Kabupaten Lahat mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Utama dari Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2016 lalu.
“Penghargaan ini bukan sekadar tanda terima kasih dari seorang presiden, melainkan tanda pembuktian dari hasil kerja konkret pemerintah daerah dalam menyediakan kebutuhan energi masyarakat secara memadai,” kata Aswari.

Sementara itu, pada malam penghargaan tersebut selain dihadiri jajaran petinggi Kompas Group, juga dihadiri Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin yang secara langsung menyerahkan penghargaan.
Laporan : Novita/Idham
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article