Askolani-Slamet Buka Festival Sembilang

50

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Bupati Banyuasin H Askolani didampingi Wabup H Slamet membuka Festival Sembilang yang dipusatkan di Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Sabtu (10/11).

Dalam Festival ini, dipamerkan berbagai produk makanan yang berbahan ikan dan udang yang menjadi ciri khas Sungsang seperti Kerupuk Kelempang, Ikan Asin, Tekwan, Terasi, Bekasam hingga kerajinan tangan lainnya.

Tidak hanya UMKM yang ada di Sungsang, Festival ini juga diikuti oleh peserta dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin.

Festival ini bagian dari upaya menyemarakkan Hari Pahlawan 10 November dan lomba fotografi burung migran Seberia yang ada di Taman Nasional Sembilang.

Bupati Banyuasin H Askolani didepan ribuan masyarakat mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Sungsang sehingga dirinya bersama Wabup H Slamet diberi kepercayaan untuk memimpin Banyuasin.

”Kepercayaan ini akan kami balas dengan berbagai program prorakyat yang kami namakan tujuh Program unggulan yakni Program Infrastruktur Bagus, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Petani Bangkit, Banyuasin Prima, dan Banyuasin Religius, ” katanya.

Sungsang terang Bupati terkenal dengan ciri khas makanannya yang serba berbahan ikan dan udang maka makanan ini harus ada merk dagang dan dipatenkan.

”Terasi Bangka itu bahannya dari udang Sungsang, maka saya mendorong ke depan Sungsang harus ada terasi produk Sungsang sendiri. Melalui program Banyuasin prima akan kita bantu permodalan, pembinaan dan pejualan termasuk izin akan kita bantu sehingga produk-produk Sungsang bisa diterima di Pasaran,“ tegasnya.

Di samping itu, Bupati juga minta masyarakat Sungsang mempertahankan budaya daerah. “Kita ingin Sungsang menjadi Daerah Nelayan yang akan menjadi daerah wisata. Nanti akan kita bangun vila-vila air di kawasan Sembilang untuk menarik minat para wisatawan,“ tandasnya.

Laporan          : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here