Askolani Perintahkan Inspektorat Tangani Sampai Selesai Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa

407

Sumateranews.co.id, BANYUASIN- Adanya pembangunan infrastruktur fisik yang dikerjakan oleh pemerintah Desa Pulau Borang Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin diduga tidak selesai 100 % membuat Kepala Dusun (Kadus) dan Kaur Pembangunan melapor ke Bupati Banyuasin.

Usman Kadus Pulau Borang didampingi Sudar Sono Kaur Pembangunan, usai bertemu dengan Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH mengatakan bahwa sejak tahun 2018 hingga saat ini 2019 setidaknya ada 6 (enam) pembangunan fisik yang tidak terselesaikan dan satu anggaran nonfisik senilai Rp 50 juta juga tidak dicairkan oleh pemerintah desa.

“Kami sudah melapor ke inspektorat Kabupaten Banyuasin tentang persoalan ini. Kalau dihitung dari 6 pembangunan fisik dan satu pembangunan nonfisik lebih kurang sekitar Rp 400 juta anggaran dana desa yang tidak terealisasikan, dan inspektorat sudah mengakui itu. Namun untuk lebih puasnya kami sebagai perwakilan masyarakat Pulau Borang sengaja menunggu Bupati Banyuasin usai rapat paripurna untuk melaporkan ini dengan harapan Bupati melalui inspektorat benar-benar menindaklanjuti laporan kami hingga tuntas,” ujarnya di gedung DPR Banyuasin Senin (22/7).

Lanjut dia, dari hasil perbincangannya dengan Bupati Banyuasin, membuahkan hasil bahwa Bupati akan memerintahkan inspektorat untuk mengusut tuntas laporan.

Ya kata Bupati dirinya akan memerintahkan inspektorat menangani laporan tersebut hingga selesai. ‘’Dan apabila benar ada penyelewengan maka Bupati akan memerintahkan inspektorat untuk menegakkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Mendengar jawaban itu kami merasa puas dan bangga karena laporan kami benar-benar didengar oleh Bupati,” tandasnya.

Hingga berita ini diterbitkan wartawan belum berhasil mengonfirmasi Pemerintah Desa Setempat.

Sementara itu Ormas Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) mengapresiasi langkah tegas Bupati Banyuasin yang telah memerintahkan inspektorat mengusut dugaan tidak terealisasi secara penuh anggaran Dana Desa yang dimaksud.

 

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here