Asisten I OKU Pimpin Rapat Bahas Persiapan HUT RI ke-75 Dimasa Pandemi Covid-19

59
Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang diwakili Asisten I Setda OKU, Drs. Slamet Riyadi., M.Si memimpin Rapat Persiapan HUT RI ke-75 Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2020 Bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Kamis (09/07/2020).

Sumateranews.co.id, BATURAJA – Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang diwakili Asisten I Setda OKU, Drs. Slamet Riyadi., M.Si memimpin Rapat Persiapan HUT RI ke-75 Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2020 Bertempat di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Kamis (09/07/2020).

Asisten I Setda OKU yang membidangi Pemerintahan dan Kesra ini menyampaikan, Peringatan HUT RI Ke-75 tahun 2020 ini bakal berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

“Rapat ini berkaitan dengan pelaksanaan HUT RI Ke-75 Kabupaten OKU pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti,” buka Slamet Riyadi.

Untuk itu, Asisten I mengharapkan rapat ini dapat memberikan saran dan pendapat terkait pelaksanaan HUT RI ke-75 di Kabupaten OKU dengan mengikuti tata cara pelaksanaan HUT RI sesuai surat edaran Mensesneg.

“Sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19, penyelenggaraan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 untuk tingkat pusat, upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dan upacara penurunan bendera merah putih dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta,” sebut Asisten I.

Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Komposisi petugas upacara di Istana Negara Jakarta terdiri dari komandan upacara 1 orang, pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 3 orang, pasukan upacara 20 orang berasal dari TNI dan Polri. Korp musik 24 orang, MC 2 orang. Pasukan petugas tembakan saat detik-detik Proklamasi RI 17 orang berasal dari TNI.

Upacara hanya dihadiri Presiden sebagai inspektur upacara dan Wapres serta petugas upacara yaitu Ketua MPR pembaca teks proklamasi, Menteri Agama pembaca doa, Panglima TNI dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.

“Untuk tingkat daerah, upacara peringatan HUT proklamasi kemerdekaan RI ke-75 dilaksanakan di kantor pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota mulai pukul 07.00 WIB sebelum pelaksanaan upacara di Istana Negara Jakarta.

Kepala daerah dan Forkopimda wajib mengikuti upacara peringatan HUT Ke-75 detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dan upacara  penurunan bendera merah putih yang dilaksanakan di Istana Negara Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing setelah melaksanakan upacara di daerah,” papar Slamet.

Mengacu pada pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekan RI Ke-75 tingkat pusat tersebut, dikatakan Slamet, pasukan paskibraka hanya 3 orang, dan menginstruksikan kepada camat untuk menggaungkan peringatan ini melalui pemasangan spanduk, umbul-umbul dan bendera merah putih sampai ke desa-desa dan membunyikan sirine mobil ambulance, PDAM dan PT. Semen pada saat detik-detik proklamasi.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 untuk tingkat daerah kabupaten OKU, semua peserta rapat agar mengikuti pedoman pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 tingkat pusat,” imbaunya.

Hadir pada acara ini, Staf Ahli Bupati, Kodim 0403 OKU, Polres OKU, OPD terkait, Para Kabag dan Camat, serta peserta rapat lainnya.

Laporan : Umar III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here