HeadlineHiburanPemprov Sumsel

Asian Games 2018 Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

Sumateranews.co.id, PALEMBANG  ̶  Pesta akbar olahraga negara se-Asia yang berlangsung pada 18 Agustus hingga 02 September 2018 telah usai. Selain sukses prestasi dan penyelenggaraan, Asian Games 2018  turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Palembang, Sumatera Selatan.

Pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2018 meningkat hingga 5,51% jika dibandingkan pada tahun 2017 yang mencapai 5,027% seperti dikatakan Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo.

“Pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2018 pasca Asian Games mencapai 5,51% dibandingkan pada pada tahun 2017 yang mencapai 5,027%. Bahkan pertumbuhan ekonomi Sumsel berada di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,07”, bahasnya Kamis (26/09), di hadapan  komisi XI DPR RI di pimpin oleh wakil ketua tim komisi XI DPR RI  Achmad Hafiz Thohir pada kunjungan kerja spesifik di Palembang terkait evaluasi pasca penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dampak lebih luas dari penyelenggaraan Asian Games 2018, juga mencakup bidang lainnya seperti pembangunan infrastruktur, meningkatnya industri pariwisata dan perhotelan. Sementara selain berimbas pada bidang perekonomian, imbas lainnya adalah pada bidang pertukaran budaya, kerjasama antar provinsi dan antar negara, juga memberikan edukasi bagi masyarakat atas terselenggaranya Asian Games 2018.

Lebih lanjut Hadi Prabowo mengatakan pada bidang infrastruktur dengan adanya Light Rail Trainset (LRT) akan diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya, “ke depan LRT berikut 13 stasiun yang tersedia akan diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya”. Kebijakan ekonomi dan stabilitas wilayah di Sumsel cukup stabil dengan terselenggaranya dua event besar yaitu Asian Games 2018 dan Pilkada serentak tahun 2018. Usai Asian Games 2018, pemprov Sumsel juga mulai menyusun tahapan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019.

Sementara wakil ketua tim komisi XI Achmad Hafiz Thohir mengatakan kunjungan kerja spesifik di Palembang ini untuk memperoleh informasi seluas-luasnya terkait evaluasi pasca penyelenggaraan Asian Games 2018. “Kunjungan tim komisi XI DPR RI yang membawahi bidang keuangan dan perbankan ini ingin memperoleh informasi terkait kondisi perekonomian di Sumsel pasca Asian Games 2018”, ujarnya.

Informasi yang diperoleh nantinya akan menjadi pokok permasalahan dan dibahas sesuai aspirasi masyarakat, sekaligus sebagai penguatan prinsip-prinsip good governance.

Tim komisi XI DPR RI berfokus pada dampak berganda ekonomi usai penyelenggaraan Asian Games 2018, pada beberapa hal seperti manfaat yang ditimbulkan dengan adanya pembangunan infrastruktur LRT, pemanfaatan venue olahraga serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat.

 

Sumber : Ril

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button