Arif Fathona Jadi Duta Adhyaksa PALI

0
167

Sumateranews.co.id, PALI- Selain menyebarkan stiker ajakan antikorupsi di jalan beberapa waktu lalu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten PALI juga menggelar lomba pidato tingkat SMA se-Kabupaten PALI di Gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo belum lama ini masih dalam rangka peringatan hari anti korupsi internasional yang jatuh pada 9 Desember lalu.

Pada kegiatan tersebut, Arif Fathona terpilih menjadi Duta Adhyaksa PALI. Siswa yang masih duduk di kelas 10 SMAN 1 Talang Ubi ini telah berhasil merebut hati dewan juri dengan menyampaikan pidatonya dengan lantang tentang bagaimana bahaya korupsi.

Dijelaskan Yunitha Arifin, Kepala Kejari PALI bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah mengajak pelajar mengenal apa itu korupsi. “Korupsi merupakan salah satu isu yang paling rumit dalam sejarah kehidupan manusia. Dampaknya memberikan implikasi negatif dan buruk terhadap kehidupan manusia secara khusus dan terhadah keberlangsungan suatu wilayah,” jelas Yunitha, Kamis (21/12).

“Korupsi juga dapat dikategorikan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, sebab mempengaruhi aspek kehidupan ekonomi, politik, ketahanan, sosial-budaya, dan agama.Untuk itu, kita ajak pelajar untuk mengenal korupsi sejak dini,” tambah Yunitha.

Dikatakannya bahwa mengenalkan serta mengajak masyarakat untuk anti korupsi salahsatunya dengan melombakan pidato terhadap pelajar tentang korupsi dan bagaimana cara menghindarinya.

“Dengan ini berharap bisa membuka pengetahuan kepada siswa,karena dengan secara langsung, siswa dituntut menyampaikan pidatonya tentang korupsi dengan sebelumnya mempelajari apa itu korupsi, bahayanya apa dan tindakan apa yang bakal diterima bagi pelakunya. Pada kegiatan ini kita hasilkan duta Adhiyaksa yang diharapkan bisa menjadi pelopor serta penyampai sosialisasi anti korupsi,” tutur Yunitha.

Kegiatan tersebut dijelaskan Yunitha adalah rangkaian peringatan hari anti korupsi internasional. “Sebelumnya kita telah mensosialisasikan anti korupsi secara langsung kepada masyarakat dengan cara membagikan stiker ajakan anti korupsi, diharapkan ke depannya, Kabupaten PALI bersih dari tindak korupsi,” harapnya.

Laporan           : Rica Mariska

Editor/Posting : Imam Ghazali

 

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article